ANGGUR YELLOW BELGIE

Anggur Yellow Belgie memiliki warna kulit hijau, rasa manis akan tetapi buah muadah rontok. Anggur ini cocok untuk ditanam dipekarangan rumah, apalagi kalau bisa berhasil membuahkannya di dalam pot. Selain sebagai anggur buah (table grapes) jenis ini sangat adaptif dengan iklim Indonesia. Sudah banyak kolektor anggur di Indonesia yang menanam dan membuahkan anggur jenis ini.

Kalau berdasarkan iklan Anggur jenis ini bisa disimak sendiri :
"Anggur ini memiliki rasa manis yang tidak tertahankan dan akan terasa hingga gigitan terakhir. Anggur ini paling banyak dicari karena rasanya, meskipun harus mencari-cari di lokasi yang jauh pun pembeli akan mendatangi penjual anggur yellow belgie ini."
Walau saya pribadi belum pernah coba, tapi kata-kata dilapak jualan orang ini benar-benar membuat saya penasaran.. akhirnya jatah rokok bulan ini harus dikurangi.. Lihat-lihat kolesi orang lain, yakin deh pasti makin tergiur... Warna buah ini cukup mencolek (saat sudah matang). Kuning bersinar. Bikin tamu2 yang berkunjung kerumah pasti ingin memetik...

Asli hasil tanam di Indonesia

Tapi sayangnya, saya telat jatuh cinta dengan tanaman buah anggur, ya tapi tetap bersyukur saya sudah punya koleksi bibit jenis anggur ini, walau masih tergolong belia, tp semoga kelak bisa berbakti.. sebelumnya untuk memastikan agar benar-benar punya koleksi jenis ini, saya beli bibit bareroot, yaitu pembelian bibit yang sudah berakar. untuk pemaketan, barerot akan dikeluarkan dari media, seluruh daun dan batang muda biasanya dipangkas dan akar dibalut dengan tisu basah. sistem pengiriman seperti ini relatif lebih aman, dan disarankan untuk sistem pengiriman jarak jauh. terbukti bibit aman sampai ketempat saya, walau membutuhkan waktu diperjalannan sekitar 5 hari, maklum saya hanya menggunakan jasa Pos, untuk meminimalisir ongkir.


Jenis anggur yellow belgie, sumber bibit  dari barerot, agak mahal sih, tapi lebih terjamin di perjalanan.

Ternyata, walaupun sudah punya anggur jenis Yellow Belgie yang bersumber dari bibit barerot, itu belum cukup untuk memuaskan jiwa,.. takut ketipu jenisnya, soalnya banyak penjual online yang curang, walau tidak sedikit yang jujur...  Kecurigaan saya muncul setelah bibit yang saya beli mulai mengeluarkan daun, saat itu saya membeli anggur jenis yellow belgie dan jenis red globe.. tapi ternya yang katanya jenis red globe berdaun isabella.. akhirnya saya memutuskan untuk beli lagi cutting jenis yellow belgie,..

Syarat penanaman cutting dari seller :

"Semua bibit berupa cuttings yang dikirimkan telah ditreatment, jadi selama pengiriman sebagian besar callus (jaringan bawah kulit) sudah terbentuk dan mata tunas mulai tumbuh membesar. Jadi media tanam sebaiknya dipersiapkan bersamaan dengan saat pemesanan supaya bibit cuttings segera bisa ditanam dalam pot/polybag. Setelah bibit dikeluarkan dengan hati-hati, rendam dalam air biasa selama 5 menit. Buat lubang tanam dengan menusukkan jari atau tongkat kayu sedalam 10 cm pada media tanam. Tempatkan batang cuttings ke dalam lubang tanam dan timbun lagi dengan media, padatkan secukupnya supaya tidak mudah roboh pada saat disiram.

Tempatkan mereka di tempat yang teduh dan lembab, usahakan hanya mendapatkan sinar matahari pagi saja selama 1 bulan pertama. Untuk menjaga kelembaban batang cuttings bisa dengan disungkup plastik kecil yang biasa dipakai untuk es lilin, sungkup ini harus dibuka setelah daun mulai tumbuh supaya daun yang masih muda tersebut tidak hangus. Untuk tempat yang kelembabannya cukup tidak diperlukan sungkup, atau plastik dipotong dan dibungkuskan ke batang cuttings yang sudah tertanam. "

Nah setelah beberapa hari, setelah bud (mata tunas) pecah, dan ternyata bibit asal cutting ini langsung membawa bunga, tetapi setelah konsultasi kepada pakarnya, sebaiknya bunga dibuang untuk memberikan nutrisi yang cukup pada akar. akhirnya dengan ikhlas saya eksekusi juga... 

foto-foto dibawah, sengaja dipajang untuk kenangan masa-masa langkah awal menjadi pengANGGURan

Anggur yellow belgi kecil-kecil sudah belajar berbunga

Anggur yellow belgi kecil-kecil sudah belajar berbunga

Akar anggur yellow belgi mengganas


ANGGUR YELLOW BELGIE ANGGUR YELLOW BELGIE Reviewed by Doefal on Saturday, January 30, 2016 Rating: 5

4 comments:

  1. Media semai cutting pakai jenis apa2?. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. media semai cutting anggur, saya pakai cocopeat murni.. kadang jg pakai tanah+pasir+sekam padi

      Delete
  2. Sbenarnya kita ingin menanam anggur, cuma di wilaya saya gak ada jual bibitnya. Kalau disini jual bibit saya mau beli, trus jenis anggur pa aja yg ada?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar enak ngobrolnya langsung ke facebook atau ke halaman fb aja om, https://www.facebook.com/DefayaGrapes

      Delete