Penanganan Entres (Batang Muda) Pada Pohon Anggur

Entres atau pucuk ataupun ranting muda, biasa dimanfaatkan untuk grafting (penyambungan) untuk mengganti varietas yang sudah ada. Untuk melakukan proses grafting harus sudah memiliki rootstok yang benar-benar sehat. Hal ini untuk menjadi kunci utama keberhasilan proses penyambungan/okulasi.

Pengalaman pribadi, biasa bertukar varietas yang paling gampang adalah dengan barter entres, selain pertumbuhan akan lebih cepat, karna di dukung oleh batang bawah yang sudah lebih dulu beradaptasi dengan lingkungan setempat. Itupun kalau ada yang mau barter atau sukarela memberi, tetapi kalaupun tidak ada, ya harus rela sedikit merogo kantong buat membeli entres varietas yang diinginkan.

Namun sudah menjadi tanggung jawab buyer, kalau nekat beli cutting apalagi entris dari seller yang jauh, apalagi menggunakan kurir pengiriman yang kurang profesional. Saran saya, klu mau aman mendingan beli bareroot aja. Pengalaman saya 100% selamat kalau beli bareroot, walaupun pengiriman sampai di atas 7 hari.



Korban baru, tapi untungnya gak beli, oleh-oleh dari teman,. tp sayang sebelum sampai ketujuan ni entres kelamaan jalan-jalan dan akhirnya dia lelah, disitu kadang saya merasa sedih.. gmana gak sedih, ada empat varietas, dan semuanya saya belum punya.. tapi sudahla, namanya belum rezeki, atau rezeki yang tertunda. ucapan penyemangat dari khotib Jumat..

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba, selain harga yang relatif lebih murah, saat ini juga sudah banyak pecinta tanaman buah anggur yang sudah profesional dalam menangani paket pengirimannya. Ada treadmen khusus sebelum proses pengiriman, sehingga bibit berupa cutting maupun entres bisa lebih tahan lama.

Proses treatmen biasanya berupa perendaman dengan fungisida agar tidak berjamur, pemberian perangsang akar agar lebih cepat tumbuh saat diaplikasikan pada media tanam (khusus cutting) dan juga packing dgn media lembab agar kesegaran entres/cutting bisa terjaga.

Bagi pembaca blog ini, mungkin kedepannya kita dapat saling bertukar entres ataupun cutting, so jangan patah semangat untuk mengembangkan varietas lokal, teknologi top working sangat mudah untuk diaplikasikan.

Dari semua bahasan diatas, itu hanya sekedar norma-norma saja, aplikasi dilapangan silahkan berimprovisasi.. kepuasan bercocok tanam hanya kita yang merasakan, kalau buahnya silahkan mencicipi rame-rame..

Kalau berdasarkan dari pengalaman saya selama ini ada beberapa cara untuk penanganan entres dari mulai pemackingan sampai dengan proses grafting.

Pertama, entres yang akan dikirim dilakukan perendaman dengan fungisida, selain untuk membunuh jamur yang akan merusak entres selama masa pengiriman juga berguna untuk pencegahan terhadap penularan penyakit seperti jamur khususnya.

Kedua, setelah perendaman entris dicuci dengan air bersih dan diangin-anginkan hingga tidak berair. pernah saya menerima paket entris maupun cutting yang busuk berair. biasanya cutting yang terlalu lama dijalan akan mengalami kekeringan dan mati. Namun berbeda dengan kasus cutting maupun entres yang busuk berair. hal ini kemungkinan disebabkan oleh proses packing yang mungkin terburu-buru, sehingga cutting yang masih sangat basah langsung dibungkus plastik. ataupun kemungkinan kedua, kualitas air perendaman atau cucian yang kurang baik, sehingga bakteri dan jamur lebih cepat berkembang ditambah kondisi packing yang basah.

Ketiga, Entres dibalut rapat dengan menggunakan plastik wrap atau sejenisnya, agar kelembaban terjaga selama proses pengiriman. saran tambahan, gunakan ekspedisi yang tepat waktu.
.
Keempat, paket yang sudah diterima, diperiksa kondisi kelembaban dan kesegarannya, bala dirasa cukup baik, maka dapat langsung di grafting, proses grafting dapat berupa sambung mata tunas, ataupun sambung pucuk dengan 1 mata tunas aau lebih. namun saya menyarankan, untuk entres yang telah mengalami perjalanan panjang, sebaiknya jangan melakukan penyambungan mata tunas saja atau sambung pucuk dengan 1 mata tunas. sebaiknya entres dibiarkan lebih panjang dengan 2 mata tunas atau lebih. sebab bagaimanapun kadar kambium pada entres sudah terganggu, sehingga akan butuh waktu untuk proses bersatu dengan batang bawah.

"semakin panjang entres maka akan semakin lambat kering, sehingga lebih meperbesar peluang keberhasilan sambungan. sebaliknya, semakin pendek entres maka akan semakin cepat mengering."
untuk entres yang sudah agak mengering, dapat dilakukan perendaman dengan air bersih untuk mengembalikan kelembaban kambium, setelah itu dapat dilakukan proses penyambungan.

Kelima, sebagai tambahan, hasil penyambungan di tutup dengan plastik dan dipantau perkembangannya, bila sambungan sudah mengeluarkan tunas, maka sebaiknya penutup segera dibuka, untuk menghindari terbakar dan mengering tunas muda. bila memungkinkan, letakkan pohon anggur yang disambung pada lokasi yang teduh.

semoga bermanfaat...




Penanganan Entres (Batang Muda) Pada Pohon Anggur Penanganan Entres (Batang Muda) Pada Pohon Anggur Reviewed by El Info on Monday, February 01, 2016 Rating: 5

No comments: