loading...

GRAFTING NIZINA

Nizina Grape
Sumber gambar : http://resistantgrapes.com/seeded-table-grapes/mid-season-ripening-seeded-table-grapes/nizina-table-grape-vine.html

Anggur adalah tanaman buah yang telah lama dibudidayakan, dimanfaatkan, serta diolah menjadi berbagai macam aneka jenis makanan. Aneka jenis makanan hasil olahan buah perdu merambat yang masih termasuk dalam keluarga Vitaecae ini misalnya jus anggur, minyak dari biji anggur, minuman anggur, jeli anggur, dan kismis.

Buah ini mengandung vitamin B1 sebanyak 0,069 mg, vitamin B2 sekitar 0,07 mg, vitamin b3 sekitar 0,188 mg, asam pantotenat mencapai 0,05 mg, folat memenuhi 1% kebutuhan vitamin B9 harian, vitamin C berjumlah 10,8 mg, dan vitamin K yang mengasup 21% kebutuhan harian manusia.

Kali ini saya akan share pengalaman tentang grafting anggur varietas nizina, untuk menambah referensi tentang grafting bisa juga membaca dasar penanganan entres anggur sebelum digrafting pada postingan : Penanganan Entres (Batang Muda) Pada Pohon Anggur


GRAFTING NIZINA

Grafting merupakan salah satu metode perbanyakan vegetatif buatan yang sudah lama dikenal dan digunakan masyarakat luas untuk memperbaiki sifat tanaman, baik sifat yang berkaitan kualitas ataupun yang berkaitan dengan kuantitas. Selain berkaitan dengan aspek agronomi, grafting juga merupakan salah satu metode dalam pemuliaan tanaman yang sudah dikenal sejak dahulu.

Pada prinsipnya, grafting adalah menggabungkan dua bagian tanaman (organ dan jaringannya) yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh yang memiliki sifat kombinasi antara dua organ atau jaringan yang digabungkan tadi. Dua bagian tanaman yang disatukan pada umumnya adalah batang bawah dan batang atas. Bagian batang bawah yang memiliki perakaran dan menerima sambungan disebut dengan rootstock, understock, ataupun stock. Bagian atas yang digunakan untuk menyambung disebut dengan scion. Scion dapat berupa potongan batang atas (cutting) atau juga dapat berupa mata tunas tanaman. Jika scion yang digunakan adalah cutting, maka disebut dengan grafting. Namun jika scion yang digunakan adalah mata tunas, maka disebut dengan penempelan, budding, atau okulasi.

ANGGUR NIZINA

Anggur dengan varietas Nizina, merupakan jenis Anggur Meja (Table grape), istilah ini dimaksudkan bahwa Anggur jenis Nizina ini dapat dikonsumsi langsung berupa buah segar. Anggur Nizina merupakan hasil perkawinan silang dari dua varietas anggur Talisman dan Tomaysky. Jenis bunga hermaphroditic yang berarti pada bunga sudah terdapat benang sarai dan kepala putik, sehingga dapat melakukan penyerbukan sendiri. 

Varietas anggur meja yang satu ini, sangat vigour dalam berbuah. Saya telah buktikan sendiri jenis ini, walau hanya dengan perawatan alakadar saja, hanya sebatas pemberian pupuk NPK seimbang 16:16:16 dan dengan metode pemangkasan yang masih belum sesuai standard namun ternyata Nizina saya berhasil membawa bunga dan berbuah sampai dengan kematangan sempurna.

Anggur ini dikembangkan pertama kali di  Kraynov V.N., Russia. di negara asalnya, tandan buah jenis anggur ini berkisar antara 600-800 gr, dengan berat butiran 12-16 gr. Kerentanan terhadap penyakit pada jenis anggur nizina antara 2.5-3 poin dari total 5 poin, dengan 1 berarti sangat imune terhadap penyakit, sedangkan 5 berarti sangat rentan terhadap penyakit. 

DOKUMENTASI GRAFTING NIZINA


Entres Nizina diterima tanggal 31 Januari 2016, eksekusi langsung di sore harinya. Grafting di atas rootstok varietas isabella, dari hasil pengamatan pertumbuhan, jenis ini sangat sesuai di okulasi dengan varietas isabela.

Grafting Var. Nizina 31 Januari 2016
Nizina di umur 3 bulan pasca grafting

panjang sulur yang sudah dipangkas untuk pembuahan 
kondisi batang sambungan setelah 6 bulan

Setelah kurang lebih 2 minggu setelah pemangkasan total untuk pembuahan, pemangkasan dilakukan tanggal 6 Agustus 2016. Menghasilkan 2 bud (mata tunas) dengan masing-masing membawa 2 bakal bunga.

Bunga anggur varietas Nizina hasil grafting dengan rootstok isabella
Bunga anggur varietas nizina saat mekar


Nah, demikian bahasan singkat tentan Grafting Nizina koleksi pribadi saya, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya..

GRAFTING NIZINA GRAFTING NIZINA Reviewed by El Info on Monday, February 01, 2016 Rating: 5

2 comments:

  1. ada stok bibit jenis anggur nizina nya saya berminat?, ,

    ReplyDelete
  2. Ada om, chat on facebook aja id defaya https://www.facebook.com/profile.php?id=100008137755206

    ReplyDelete

loading...