loading...

SEPUTAR TANAMAN ANGGUR

Dari judulnya sangat tidak menarik, untuk google sendiri sebenarnya tidak menyarankan untuk pembuatan judul seperti ini, tapi biarlah, karena pada dasarnya saya memang ingin berbagi pengalaman di sini.

Pembahasan pada judul ini tidak terlalu fokus dengan satu pembahasan saja. Pada tiap kendala yang tidak terlalu membutuhkan penjelasan panjang akan saya tulis disini dan saya perbaharui berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman-teman selain hasil pengalaman pribadi saya.



Pembuahan Anggur Di Musim Hujan

Pembuahan di musim hujan sangat mungkin, namun memang tidak disarankan karena kasus rontok bunga, rontok dan pecah buah serta rawan dengan penyakit, namun bukannya tidak mungkin mendapatkan hasil yang optimal di musim hujan, namun butuh perwatan yang extra dibandingkan dengan musim kemarau.

Berdasarkan pengalaman teman, saya sendiri belum mencoba karena keterbatasan biaya juga,. Anggur yang ditanam pada greenhouse kapan saja dapat dibuahkan tanpa melihat musim asalkan pertumbuhan tanaman buah anggur sudah cukup umur dan dengan kondisi prima. karena tanaman buah anggur yang ditanam di dalam GH dapat diatur sendiri perairannya sehingga terkontrol.

Untuk meminimalisir dampak jamur pada musim hujan, dengan cara pemberian fungisida seminggu sekali. Perlakuan ini lebih baik dilakukan untuk upaya pencegahan, untuk daun atau buah yang sudah terserang jamur lebih baik di potong dan dibakar sehingga tidak menyebar ke daun atau buah yang masih sehat.

Penggunaan Pupuk  pada Tanaman Anggur

Pupuk kimia dapat diaplikasikan langsung ke tanah ataupun disemprotkan pada daun dan batang, namun aplikasinya disarankan juga dengan pupuk organik sehingga pengendapan pupuk kimia di dalam tanah bisa terurai.

Bagi yang memang konsisten tidak mau pakai pupuk kimia, sekarang sudah banyak kok pupuk organik. salah satunya mungkin dapat dicoba pupuk organik dengan memanfaatkan air rendaman dedak seperti yang telah saya posting pada manfaat air rendaman dedak sebagai pupuk alami untuk perangsang akar pohon anggur

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Air rendaman mengandung Vitamin B1, Selulosa,  Karbohidrat, Phosfor, Magnesium, dan Kalsium. Unsur unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh tanaman. untuk lebih jelasnya tidak ada salahnya membaca artikel yang telah saya posting sebelumnya.

Selain unsur makro, anggur sama seperti tanaman lainnya juga membutuhkan unsur mikro. Lebih jelasnya telah saya tuliskan pada artikel Sumber Nutrisi Alami Tanaman Buah Anggur.

Tabulapot Anggur

Tanaman anggur "kurang cocok" untuk tabulapot, bukannya tidak mungkin tapi butuh kesabaran yang lebih. Penggunaan planter bag untuk tabulapot tanaman anggur, ukuran yang lebih besar maka akan lebih baik. Untuk pembentukan cabang sekunder dan jarak antar tingkat cabangnya bisa disesuaikan sesuai selera, namun disarankan cabang sekunder tidak perlu dibuat bertingkat, cukup 1 saja. 

Untuk pemangkasan cabang sekunder, disarankan agar maksimal 10 bud saja yg disisakan dari masing2 cabang sekunder, lalu yg ditumbuhkan menjadi cabang tersier maksimal 4 saja dari tiap cabangnya. Nanti ke depannya seiring usia pohon, jumlah cabang tersiernya bisa ditingkatkan.

Penggunaan Mulsa

Penggunaan plastik mulsa pada dasarnya tidak diperlukan dalam budidaya anggur. Pada proses pembibitan, mungkin penggunaan mulsa dapat dipertimbangkan karena memiliki beberapa keuntungan:
  1. Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus total sebelum tanam. 
  2. Warna hitam dari mulsa menimbul-kan kesan gelap sehingga dapat menekan rumput-rumput liar atau gulma. 
  3. Menjaga tanah tetap gembur, suhu dan kelembaban tanah relatif tetap (stabil). 
  4. Mencegah tercucinya pupuk oleh air hujan, dan penguapan unsur hara oleh sinar matahari. 
  5. Kesuburan tanah karena pemupukan dapat merata, sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman budidaya relatif seragam (homogen).
  6. Pada musim kering (kemarau), dapat menekan penguapan air dari dalam tanah, sehingga tidak terlalu sering untuk melakukan penyiraman (pengairan).

Bila ada pertanyaan dan kendala lain terkait budidaya anggur silahkan berkunjung dan ajukan pertanyaan di sini. semua masalah mudahan dapat kita diskusikan dan kita pecahkan bersama..


SEPUTAR TANAMAN ANGGUR SEPUTAR TANAMAN ANGGUR Reviewed by El Info on Monday, February 01, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...