loading...

MEMBUAT PERANGSANG AKAR ALAMI UNTUK CUTTING ANGGUR

Salah satu penunjang untuk meningkatkan keberhasilan dalam stek cutting anggur adalah pemberian perangsang akar. Terkadang dalam melakukan penyetekan, yang terjadi adalah bud atau tunas lebih dulu muncul dari pada pertumbuhan akar. Hal ini sering mengakibatkan kesalahpahaman, karena merasa tunas sudah mulai tumbuh maka dilakukan penyiraman bahkan penjemuran dibawah sinar matahari. Akibatnya  tanaman menjadi layu.

Hasil semai cutting Anggur dengan perlakuan rendaman jus bawang merah

Untuk mempercepat proses pertumbuhan akar, dapat menggunakan zat perangsang akar yang dikenal dengan ZPT. Zat perangsang akar dapat diperoleh dari took penjual pupuk dan tanaman. Namun demikian tidak menutup kemungkinan dapat menggunakan sumber alami yang ada disekitar kita untuk merangsang pertumbuhan akar akar pada bibit stek. Beberapa solusi untuk ZPT alami adalah sebagai berikut :
  1. Madu
Menggunakan 1 sendok teh madu dan dilarutkan kedalam 1.5 ltr air sumur. Rendam bagian bawah cutting dalam larutan madu selama 12 jam. Perendaman dilakukan maksimal pada sepertiga bagian bawah cutting anggur.

  1. Kentang
Buang semua mata tunas pada kentang, lalu masukan/cucukkan cutting anggur ke dalam buah kentang tersebut. Nutrisi dan kandungan air dalam kentang dapat dengan cepat merangsang pertumbuhan akar.

  1. Jus Lidah Buaya
Sebanyak 3-7 tetes jus lidah buaya dicampur kedalam 1 ltr air sumur dan rendam cutting kedalam larutan tersebut.

  1. Jus Bawang Merah
Bawang merah memiliki kandungan vitamin C, kalium, Kalsium, zat besi, asam folat dan serat, juga mengandung zat pengatur tumbuh berupa hormon auksin,  dan giberelin. Caranya, Ambil 10 - 15 siung bawang merah blender hingga halus tambahkan air bersih 1 liter dan diaduk hingga rata. Saring larutan sersebut hingga terpisah dari ampasnya, ZPT alami siap digunakan.

Baca : Fungsi Auksin, Giberelin dan Sitokinin

  1. Pucuk/Tunas Muda
Bagian pucuk/tunas muda tanaman anggur juga mengandung zat perangsang tumbuh. caranya dengan melumatkan bagian tunas muda dan mengoleskannya ke batang tanaman yang akan distek, diamkan/diangin-anginkan beberapa jam,  batang stek siap di tanam.

Itulah beberapa ZPT Alami yang ada di sekitar kita yang dapat digunakan untuk merangsang akar dan memperbanyak tanaman dengan cara stek.  Untuk penanganan cutting yang dibeli secara online ada baiknya mempelajari CARA MENYEMAI CUTTING ANGGUR


MEMBUAT PERANGSANG AKAR ALAMI UNTUK CUTTING ANGGUR MEMBUAT PERANGSANG AKAR ALAMI UNTUK CUTTING ANGGUR Reviewed by El Info on Monday, February 08, 2016 Rating: 5

1 comment:

  1. I've been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts on this sort of house . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this web site. Studying this info So i am satisfied to express that I've a very excellent uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I so much definitely will make sure to do not fail to remember this web site and give it a look regularly. aol.com mail login sign

    ReplyDelete

loading...