loading...

Menyemai Cutting Anggur

Bertambah lagi koleksi anggurku, cutting baru nyampe, Jenis-jenisnya masih belum familiar kecuali ninel, jenis lainnya masih aneh di telinga. 

Indahnya bersillaturrahmi, apalagi kalau ada maunya.. hehehehe...

Ne ceritanya kmaren ada juragan anggur lagi prunning (pemangkasan) koleksi-koleksinya,. 

Pemangkasan pada pohon anggur selain untuk pembentukan cabang baik primer maupun tersier. pemangkasan juga menjadi syarat untuk pembuahan. 

Nah juragan ini ceritanya baru prunning untuk pembuahan, jadi selain cutting, entresnya juga berlimpah. Si juragan juga mau sedekah biar anggurnya kelak bisa berbuah lebat dan berkah pastinya... 

Nah pas kebetulan saya lagi online dan ditawari beberapa cutting dan entres dengan beberapa varian berbeda, jelas pada awalnya saya langsung mau.. wkwkwk.. durian runtuh gitu loh.. 

Namanya juga barang gratis, jelas cutting dan entres tidak menjalani treatmen standart, ditambah lagi menggunakan kurir pengiriman alakadar, alhasil, Alhamdulillah sebahagian besar bisa digunakan buat kompos.. tp tetep, ada beberapa varietas bs diselamatkan..

Ninel



Saat paket tiba, langsung keluarkan jurus..Tahap awal penanganan cutting ada beberapa tahap. 

Pertama tahap perendaman 
"Cutting sudah beberapa hari sebelum pengiriman sudah dipotong dari dahannya,. Proses ini akan mengurangi kelembaban kambium pada cutting. Secara keseluruhan ditambah dengan masa pengiriman yang memakan waktu beberapa hari, umur cutting pasca berpisah dari inangnya kurang lebih 10 hari. Pemeriksaan kondisi cutting sudah pasti begitu cutting sampai tujuan, bila kondisinya masih memungkinkan untuk ditanam, maka sebelum penanaman pada media, lakukan perendaman terlebih dahulu untuk mengembalikan kondisi kelembaban kambium. Lakukan perendaman selama 12 s.d 24 jam tergantung dengan tingkat kelembaban cutting pada saat tiba."

Kondisi cutting anggur saat diterima 


Tahap kedua, perendaman dengan fungisida.

Untuk mencegah tumbuhnya jamur pada saat penyemaian, lakukan perendaman dengan menggunakan fungisida.  Perendaman selama 5 s.d 15 menit (teori saya aja) aturan resminya mungkin perlu dibaca lagi pada labelnya. Setelah itu biasa saya cuci cutting dengan air mengalir...


Tahap ketiga, membuat sayatan pada bagian bawah cutting (tidak harus sih..)

Banyak sumber mengatakan, sebelum penyemaian sebaiknya dibuat sayatan pada bagian bawah cutting yg akan disemai sepanjang 1 cm dari bawah, ataupun membuat potongan miring pd bagian bawahnya. Hal ini berfungsi untuk memperluas area pertumbuhan akar. Namun berdasarkan pengalaman saya ini dapat menjadi Boomerang, tergantung tingkat steril media tanam,. Bila media tanam banyak mengandung bibit penyakit, perlakuan ini akan mempercepat proses pembusukan pada bagian bawah, namun sebaliknya, bila media tanam kondusif, akan banyak keluar akar pada setiap sayatan (silahkan memilih, pada dasarnya anggur termasuk tumbuhan yang sangat mudah di stek).


Tahap keempat, Pemberian perangsang akar

" Perlakuan ini bisa dibilang hampir wajib saya lakukan, karna pengharapan pada pertumbuhan akar yang sangat diharapkan,. Pada pngalaman sebelumnya, sering sekali pertumbuhan tunas lebih dulu muncul daripada akar, hal ini biasa terjadi disebabkan oleh kondisi yang terlalu lembab, atau karna entres yang masih terlalu muda. "

Perangsang akar yang sering saya gunakan adalah bawang merah, selain tidak repot, bahan juga selalu tersedia di dapur.. .. perangsang akar lainnya bisa dilihat pada postingan lain pada blog ini seperti MEMBUAT PERANGSANG AKAR ALAMI UNTUK CUTTING ANGGUR

Tahap terakhir, tancapkan..!!! 

Semoga sukses..
Menyemai Cutting Anggur Menyemai Cutting Anggur Reviewed by El Info on Monday, February 01, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...