loading...

SERANGAN JAMUR POWDERY MILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator)

Serangan jamur powdery mildew/embung tepung pada tanaman anggur

Penyakit pada tanaman anggur didominasi oleh penyakit yang disebabkan oleh cendawan patogen. Cendawan ini dapat menyerang pada seluruh bagian tanaman anggur, mulai dari akar, batang, cabang atau ranting, daun dan buah.

Gejala yang ditimbulkan oleh cendawan ini beraneka ragam, tergantung jenis cendawan dan bagian tanaman yang diserang. Rata-rata cendawan menyerang pada kondisi kelembaban tinggi dengan sirkulasi udara yang buruk. Intensitas cahaya matahari juga berpengaruh terhadap penyebaran penyakit cendawan tersebut.

SERANGAN JAMUR POWDERYMILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator)

Powdery Mildew / Embun Tepung (erysiphe necator)

Gejala penyakit pada tanaman anggur yang terserang Powdery Mildew adalah terdapat bercak-bercak putih keabu-abuan pada permukaan bagian yang diserang. Penyakit powdery mildew disebabkan oleh cendawan yang bisa menyerang seluruh bagian tanaman anggur yang berwarna hijau.

Gejala serangan pada cabang muda yang masih berwarna hijau terlihat dengan adanya luka berwarna coklat kehitaman, dan lama kelamaan akan berubah warna menjadi coklat kemerahan. Serangan pada cabang memang tidak menyebabkan gangguan pada cabang tersebut, namun jika dibiarkan cendawan akan terus berkembang biak dan menghasilkan spora yang akan menyebar secara luas.

Tempat dan Kondisi Favorit SERANGAN JAMUR POWDERYMILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator)

Tingkat keparahan serangan jamur ini tergantung oleh faktor faktor sebagai berikut :
  • Jenis tanaman atau inang yang dihinggapi
  • Kondisi tanaman dan
  • Faktor iklim setempat
Powdery mildew atau embung tepung semakin subur pada kondisi cuaca hangat dan kering, namun demikian masa penyemaian spora terjadi pada saat kelembaban udara yang tinggi. Kondisi tanaman yang rapat dan minim sirkulasi udara serta lembab sangat ideal untuk pertumbuhan jamur ini.

Penyebaran infeksi jamur powdery mildew sangat baik pada kelembaban udara mencapai 90% namun tidak akan terjadi pada permukaan daun yang basah. Biasanya jamur ini akan lebih dahulu menyerang bagian sel muda pada tanaman.

Gejala dan Akibat Powdery Mildew

Lesi pertama sering ditemukan pada bagian bawah daun dan akan meluas pada bagian atas bila kondisi jamur semakin parah. Bila dibiarkan daun akan menjadi rapuh dan berlubang dan akan membentuk spot kecil berwarna orange kehitaman yang disebut dengan cleistothecia. 

Jamur jenis ini dapat menjalar ke seluruh bagian tanaman anggur, dari bagian batang hingga buah anggur. Serangan pada batang sering terjadi pada bagian batang pucuk muda, ditandai dengan munculnya bercak berwarna kecoklatan, berbintik dengan batas yang tidak jelas. Sedangkan serangan pada buah atau bakal buah akan muncul bercak tepung berwarna ke abu-abuan yang kemudian akan berubah menjadi putih.

Serangan pada buah dapat terjadi setelah empat minggu setelah pembungaan. Serangan parah pada pada buah oleh jamur powdery mildew juga akan menimbulkan cleistothecia yang mengakibatkan buah mengering dan gugur. Serangan pada buah juga akan mejadikan buah pecah sehingga buah lebih gampang terserang oleh jamur dan penyakit-penyakit lainnya.


SERANGAN JAMUR POWDERYMILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator)

Pengendalian Powdery Mildew

Usaha untuk pengendalian jamur powdery mildew  dilakukan dengan cara penyemprotan Dhitane M-45, Antracol 70WP, Thuricide 45WP dan Aero yang dilakukan dua kali dalam seminggu. Tahapan pengendalian jamur ini juga dapat dilakukan dengan cara penyemprotan bubur burdo atau bahan yang mengandung tembaga. Untuk penyemprotan, sebaiknya dilakukan sebelum proses penjarangan buah, karena bahan-bahan tersebut diatas sulit untuk hilang bila sudah terlanjur menempel pada buah.

Upaya lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memotong bagian yang terserang sejak dini sebelum terjadi penularan berat pada bagian pohon anggur lainnya. hasil pemotongan sebaiknya dijauhkan dari tanaman anggur dan dibakar. Untuk pencegahan sebaiknya selalu menjaga kebersihan disekitar tanaman dan secara rutin lakukan penyemprotan fungisida.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang SERANGAN JAMUR POWDERYMILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator), semoga bisa menambah referensi dan bermanfaat bagi tanaman anggur koleksi anda.

Baca juga artikel lainnya 
SERANGAN JAMUR POWDERY MILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator) SERANGAN JAMUR POWDERY MILDEW/EMBUNG TEPUNG (erysiphe necator) Reviewed by El Info on Monday, February 01, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...