loading...

ZAT PERANGSANG TUMBUH (ZPT) ALAMI TANAMAN BUAH ANGGUR

Nutrisi tanaman sangat vital bagi pertumbuhan tanaman, tidak terkecuali tanaman anggur. Pemahaman pengetahuan tentang nutrisi tanaman ini sangat berguna bagi para pelaku pertanian. Cukup disayangkan, tingkat pemahaman pengetahuan nutrisi tanaman ini masih relatif masih sangat minim dimiliki oleh para petani, sehingga optimasi hasil produksi menjadi terhambat. Di sisi lain karena mengejar optimasi produksi, efisiensi produksi seringkali terabaikan yang pada gilirannya praktek pertaniannya menjadi berbiaya tinggi dan tidak lagi profitable.

Pada artikel ini, akan mengulas sebahagian kecil dari ramuan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Pada dasarnya, ketersediaan bahan alami sangat banyak terdapat di alam dan sangat mudah kita dapatkan. Kelengkapan bahan yang saya jelaskan disini dapat di modifikasi berdasarkan kandungan-kandungan alami yang terdapat pada bahan-bahan  lainnya yang dibutuhkan tanaman.

Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) Lengkap,sederhana, mudah dan murah meriah. ZPT berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman.

Bahan :

1. 1 kg tauge
2. 1kg bonggol pisang
3. 1kg jagung muda
4. 5 liter air kelapa
5. 1-2 ons gula pasir / 300 ml gula tetes (molases)

(Takaran dapat dimodifikasi berdasarkan kebutuhan)

Cara pembuatan ZAT PERANGSANG TUMBUH (ZPT) ALAMI :

  1. ketiga bahan di halus kan, bisa ditumbuk, dicacah, diparut, ataupun dibland, kemudian masukkan ke dalam botol atau jerigen.
  2. campurkan air kelapa dengan hasil tumbukan ke 3 bahan tadi dan tambahkan gula pasir yang sudah dilarutkan. (jika ingin warnanya merah bisa memakai gula merah atau molase).
  3. aduk, agar bercampur rata, kemudian tutup botol atau jerigen tersebut, dan biarkan sampai dengan 14 hari.

* Pada masa proses fermentasi, keluarkan gas dengan membuka sedikit tutup  wadah, agar gas dapat keluar dan tutup kembali wadah.

Aplikasi ZAT PERANGSANG TUMBUH (ZPT) ALAMI :

Setelah ZPT selesai dibuat, terlebih dahulu disaring agar ampas kasar tidak terikut dan menyumbat alat semprot. ZPT yang sudah berhasil dibuat dicirikan dengan aroma tape pada larutan fermentasi.

ZPT yang dihasilkan dapat langsung digunakan dengan cara mencampurkan 2-5 tutup botol aqua untuk 1 tangki alat penyeprot.  Dosis dapat ditambahkan berdasarkan pengalaman terbaik yang anda amati. ZPT sederhana ini bisa di aplikasikan pada  masa pertumbuhan.



ZAT PERANGSANG TUMBUH (ZPT) ALAMI TANAMAN BUAH ANGGUR ZAT PERANGSANG TUMBUH (ZPT) ALAMI TANAMAN BUAH ANGGUR Reviewed by El Info on Tuesday, February 09, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...