Persiapan Menanam Anggur Dalam Pot

Menanam Anggur dalam pot saat ini sudah mulai diminati banyak pecinta tanaman buah. hal ini dapat dilihat dari banyaknya pembahasan di media sosial dan berkembangnya website yang menjabarkan tutorial cara dan tips untuk melakukannya. Namun tidak sedikit dari pemula yang mengeluhkan dari masalah menumbuhkan bibit dari cutting, bibit yang pertumbuhannya stag, bahkan sampai dengan pohon anggur yang tidak kunjung berbuah.

Dari pengalaman saya memulai menanam anggur, sampai dengan saat ini kendala-kendala tersebut masih sering terjadi, umumnya bila jenis anggur merupakan jenis anggur inport yang masih butuh masa adaptasi terhadap iklim setempat. Untuk mengakali kendala tersebut, kebanyakan saya menggunakan batang bawah dengan jenis lokal yang memang sudah beradaptasi. kendala-kendala lainnya dapat di baca pada tema-tema lain pada blog ini seperti :





Di atas adalah beberapa tema yang mungkin dapat menambah sedikit wawasan bagi kita yang masih baru memulai budidaya Anggur khususnya menanam Anggur dalam pot.

Kembali ke tema pembahasan kali ini, untuk menanam anggur selain pembelian bibit yang sudah berakar atau biasa disebut dengan bareroot, mungkin tidak membutuhkan langkah-langkah awal seperti yang akan kita bahas. namun untuk kita yang memiliki keterbatasan anggaran, tidak ada salahnya untuk melakukan tahapan ini, untuk mewujudkan harapan menanam, memlihara dan membuahkan Anggur dalam pot, berikut tahapannya :

Persiapan stek batang Anggur
  1. Panjang stek sekitar 20 cm Yang terdiri dari 2-3 ruas dan diambil dari pohon induk yang sudah berumur diatas satu tahun. 
  2. Bentuknya bulat berukuran sekitar 1 cm 
  3. Kulitnya berwarna cokelat muda dan cerah dengan bagian bawah kulit berwarna hijau, berair, dan bebas dari noda-noda hitam 
  4. Mata tunas yang sehat berukuran besar dan tampak padat, sedangkan mata tunas yang tidak sehat ukurannya kecil dan ujungnya tampak memutih seperti kapuk.
  5. Bila batang (cutting) berasal dari penjual online, biasanya sudah memenuhi standart ini, namun untuk penanganan awal perlu tindakan tambahan yang dapat dibaca pada tema :
    1. Membedakan Cutting Anggur Sehat dan Mati
    2. CARA MENYEMAI CUTTING ANGGUR


Menyemai Bibit Stek Anggur 

  1. Sediakan polybag sesuai jumlah bibit stek anggur
  2. Sediakan media tanam dari campuran Tanah + Pupuk Kompos + Pasir dengan perbandingan 2 : 1: 1 – Masukan media tanam ke dalam polybag.
  3. Tancapkan stek batang anggur ke dalam polybag.
  4. Siram dengan larutan ( Air + Hormon Organik )
  5. letakan ditempat teduh hingga tumbuh tunas dan akar, jangan lupa menyiram setiap sore dengan air. – Jika sudah tumbuh 2 daun penuh, bibit stek anggur siap untuk dipindahkan ke lubang tanam. 




Proses Penanaman 

  1. Pertama-tama, masukkan seluruh media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk kompos(1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh, diikuti dengan menanamkan bibit stek Anggur siap tanam yang telah disiapkan pada bagian tengah-tengah pot. Dan siramlah hingga seluruh media dalam pot basah atau lembab.
  2. Kemudian, buatlah para-para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring-jaring kotak melingkari sisi pot. Anda bisa curahkan segala kreatifitas membuat para-para di sini. Sesuaikan dengan selera Anda saja.
  3. Setelah usia tanaman di dalam pot mencapai kurang lebih 1 bulan, maka berikan pupuk urea atau NPK seimbang sebanyak 1 sendok makan yang dicampur air sekitar 1 liter. Kemudian disiramkan di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan setiap 15 hari sekali.
  4. Ketika batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi para-para, maka lakukan pemangkasan dengan menggunakan gunting potong tanaman. Lakukan secara rutin ketika tanaman dalam kondisi yang telah disebutkan tersebut.


Cara Menanam Anggur dalam Pot





Persiapan Menanam Anggur Dalam Pot Persiapan Menanam Anggur Dalam Pot Reviewed by El Info on Friday, June 17, 2016 Rating: 5

No comments: