Bahan Alami yang Mudah didapat untuk Pembuatan Perangsang Akar, Daun dan Buah Anggur Secara Alami.

Catatan saya tentang bahan-bahan alami yang mudah didapat untuk pembuatan pupuk dan hormon.

Air Kelapa

Selain kaya mineral, air kelapa juga mengandung gula antara 1,7 sampai 2,6 % dan protein 0,07 hingga 0,55 %. Mineral lainnya antara lain natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P) dan sulfur (S). Disamping kaya mineral, air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin, dan thiamin. Terdapat pula 2 hormon alami yaitu auksin dan sitokinin sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa.

Penelitian di National Institute of Molecular Biology and Biotechnology (BIOTECH) di UP Los Baños mengungkapkan bahwa dari air kelapa dapat diekstrak hormon yang kemudian dibuat suatu produk suplemen disebut cocogro. Hasil penlitian menunjukkan bahwa produk hormon dari air kelapa ini mampu meningkatkan hasil kedelai hingga 64 %, kacang tanah hingga 15 % dan sayuran hingga 20-30 %. Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi, air kelapa dapat merangsang pembungaan pada anggrek seperti dendrobium dan phalaenopsis.

Air Cucian Beras

"Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah di antaranya karbohidrat berupa pati sebesar 85-90 persen, protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula, dan vitamin yang tinggi. Percepatan pertumbuhan bakteri P. fluorescens pada formula air cucian beras dapat ditambahkan ekstrak tempe dan gula.

Serabut Kelapa



Kandungan unsur hara makro dan mikro yang terdapat pada sabut kelapa antara lain (K) Kalium, (P) Fosfor, (Ca) Calsium, (Mg) Magnesium, (Na) Natrium dan beberapa mineral lainnya. Namun dari sekian banyak kandungan unsur hara yang dimiliki cocopeat, ternyata jumlah yang paling berlimpah adalah unsur K (kalium). Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan (P) Fosfor dan (K) Kalium sangat dibutuhkan tanaman saat proses pembentukan buah serta peningkatan rasa untuk segala jenis buah.

Cara pengolahan serabut kelapa di tumbuk bagian belakangnya yang bertujuan untuk memudahkan proses penyerapan air kemudian masukkan kedalam wadah (drum plastik) lalu di berikan air setelah itu di tutup biarkan selama 2 minggu, pasca 2 minggu air akan berubah berwarna merah kecoklat-coklatan, air di saring kemudian di gunakan untuk penyemprotan tanaman ( semua tanaman), karena larutan ini sangat bagus untuk memperkuat batang tanaman dan meransang pertumbuhan bunga

Dalam dunia pertanian yang berbasis organik, memanfaatkan sabut kelapa sebagai pupuk padat memiliki peran penting bagi kesuburan tanah pertanian. pada pupuk organik padat, cocopeat / sabut kelapa berfungsi sebagai bio pori bagi tanah, dengan adanya rongga-rongga pada tanah dapat memperbaiki sirkulasi udara membawa oksigen yang sangat dibutuhkan tanaman.

Selain memperbaiki aerasi pada tanah pertanian, manfaat lain dari sabut kelapa adalah memiliki kemampuan menyimpan air 6 kali lipat dari volumenya. Dengan kata lain, jika berat sabut kelapa 1 kg maka daya simpan air bisa mencapai 6 kg air, tentunya menggunakan sabut kelapa sebagai bahan dasar pupuk organik merupakan solusi tepat untuk daerah yang minim curah hujan.
Bawang merah

Bawang merah mengandung hormon auksin dan giberelin. Salah satu fungsi auksin dan giberelin adalah merangsang pertumbuhan akar dan merangsang proses perkecambahan biji (memecah dormansi biji).

Rebung Bambu mengandung Giberelin (sebaiknya pengambilan sebelum matahari terbit)
Tauge mengandung Aiksin
Bonggol Pisang mengandung hormon sitokilin, sebaiknya pengambilan bonggol pada sore hari.
Buah tomat mengandung Auksin, sitokinin dan giberelin
Jagung Muda  mengandung hormon giberelin dan sitokinin

Pakis dan Jamur mengandung Giberelin


Bahan Alami yang Mudah didapat untuk Pembuatan Perangsang Akar, Daun dan Buah Anggur Secara Alami. Bahan Alami yang Mudah didapat untuk Pembuatan Perangsang Akar, Daun dan Buah Anggur Secara Alami. Reviewed by My Grapes on Tuesday, September 13, 2016 Rating: 5

No comments: