loading...

Jenis Anggur Maroo Seedless

Maroo Seedless
Anggur Maroo Seedless

Maroo Seedless, adalah satu-satunya jenis anggur seedless (tanpa biji) yang dinyatakan oleh kementerian pertanian sebagai bibit unggul untuk Iklim Indonesia (sampai saat tulisan ini di publish), setelah anggur-anggur jenis seedless lainnya yang berada dibawah pengasuhan Balitjestro tidak atau belum menampakan potensi yang menggembirakan. 

Varietas ini termasuk yang sangat mudah untuk berbuah, waktu pematangan buahnya pun sangat cepat (termasuk kategori anggur very early) sehingga sudah sangat layak dan menggembirakan bagi para penanamnya. 

Salah satu kekurangan varietas ini hanyalah dari sisi ukuran buahnya yang dikategorikan “kecil” karena memang genetik anggur tanpa biji sangat inferior dalam hal besar buahnya jika dibandingkan dengan anggur yang berbiji.

Jenis Anggur seedless ini memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca panas dan hujan. Rasa buah manis dan tidak berbiji, sedikit beraroma foxy dan berkulit agak tebal. Dapat tumbuh pada ketinggian 0 - 1000 Mdpl dengan tanah gembur. Mulai berbuah pada usia 1 tahun. Tanaman dapat berbuah 3 kali dalam 1 tahun, namun untuk hasil yang optimal disarankan untuk membuahkan dengan cara pemangkasan total (Prunning) setiap 6 bulan sekali. 

Dengan perawatan dan nutrisi yang baik, tanaman pada usia 3 tahun dapat menghasilkan buah 15 - 20 Kg per Pohon. Pengalaman saya dalam membudidayakan jenis anggur seedless ini tidak merepotkan, sangat adaptif dan genjah dalam masalah pembuahan.

Untuk teknik pemangkasan dapat dibaca pada Tips membuahkan pohon anggur ataupun Rahasia Pemangkasan Anggur, dalam dua postingan di atas dapat di pelajari bagaimana perlakuan tanaman anggur pada pemangkasan awal sampai dengan pemangkasan untuk pembuhan. Bibit Jenis Anggur Maroo seedless ini dapat diperoleh dengan cara membeli berupa cutting ataupun cangkokan. 

Saya sendiri saat ini sudah mulai mencangkok untuk beberapa batang, dan rencananya akan dikembangkan di lahan yang tersedia. untuk teman-teman yang berminat untuk jenis Anggur seedless ini dapat bergabung di grup facebook BLT Bibit Bonsai  dan Tanaman,.

Di Grup tersebut kita akan membagikan bibit tanaman termasuk salah satunya anggur, InsyaAllah..

Sekian share saya hari ini tentang anggur Maroo Seedless, dan terimaksih atas kunjungannya.


Jenis Anggur Maroo Seedless Jenis Anggur Maroo Seedless Reviewed by El Info on Tuesday, September 27, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...