Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah

Buah durian atau biasa disebut duren merupakan rajanya buah karena rasa dan aromanya yang tajam maka dari itu tak heran banyak orang yang sangat menggemari buah yang satu ini. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan buah durian yang berkualitas. 

Namun dibalik rasanya yang nikmat ternyata hal itu tak semudah menanamnya sampai pohon durian menghasilkan buah. Informasi tentang cara menanam buah durian agar cepat berbuah sangat banyak bisa kita temukan di internet. namun sebelum menanam pohon buah durian sebaiknya kita fahami dulu Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah agar tidak kecewa dikemudian hari. 

Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah adalah sebagai berikut:


1.  Musang King

Durian Musang king



Durian ini menjadi durian terbaik sampai saat ini dibandingkan dengan Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah lainnya. Durian ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990. Buah Durian jenis ini menghasilkan buah dengan karakter daging buah berwarna kuning, lembut dengan rasa manis dan pahit, dengan buah tebal dan bentuk biji pipih. Durian ini juga tergolong durian dengan daging buah kering dan merupakan jenis terbaik di kelasnya.

2. Durian Bawor


Sejarah penemuan Durian Bawor, tak lepas dari nama Sarno Ahmad Darsono. Sarno adalah seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sejak lahir Sarno sudah dianugerahi kemampuan naluriah menilai durian. Durian jenis ini merupakan perpaduan dari 20 jenis durian lokal terbaik yang dengan teknik okulasi dan akhirnya menghasilkan buah yang baik, ukuran buah jumbo dan masa pembuahan yang lebih singkat dibandingkan dengan Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah lainnya dengan masa produktif  3 s.d 5 tahun.


Warna daging buah ini selain yang berwarna kuning juga ada durian bawor yang berwarna orange menyala. Kelebihan durian bawor warna kuning adalah saat buah tidak terlalu matang, durian tetap berasa manis. Sedang yang berwarna orange menyala, saat tidak terlalu matang buah berasa lebih tawar tetapi saat sudah matang buahnya terasa lebih pahit legit. 

Biasanya terjadi sekali dalam setahun. Berbeda dengan Durian pada umumnya, pohon Durian Bawor mempunyai keistimewaan yang bernilai ekonomis tinggi, yaitu pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Nah keutamaan masa berbuah inilah yang menjadikan jenis buah durian ini menjadi layak untuk dikembangkan.

3.  Durian Montong




Durian montong merupakan jenis durian yang berasal dari Thailand. Mungkin  sudah tak asing lagi dengan jenis buah durian yang satu ini. Rasanya begitu manis dan memiliki daging buah yang tebal dan biji yang kecil. Buah durian montong mulai terkenal pada awal tahun 2000an. Saat ini durian montong sudah banyak ditanam di Indonesia karena jika cara penanaman dan teknik budidayanya tepat buah durian montong akan cepat berbuah. 

Tanaman durian ini boleh dikatakan cukup produktif dan mampu beradaptasi di berbagai tempat. Pohon durian monthong memiliki tinggi sekitar 5-8 meter. Tajuk pohon berukuran lebar 2 sampai 4 meter. Habitus tanaman berbentuk payung atau kerucut dengan percabangan batang yang rapat. Batang pohon durian jenis ini berwarna kecoklatan. permukaannya halus dan berbentuk bulat. Bunga durian monthong memiliki warna putih kekuningan yang berkelompok dalam tandan. Sekitar 1-16 kuntum bunga durian terdapat dalam satu tandan.

Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah Jenis-Jenis Buah Durian Terbaik dan Genjah Reviewed by My Grapes on Wednesday, September 28, 2016 Rating: 5

No comments: