loading...

Serangga Perusak Tanaman Anggur

Dalam masa pertumbuhannya, anggur selalu menarik perhatian banyak macam serangga dan kutu. Walaupun dalam kenyataan beberapa jenis serangga dan kutu bersifat merusak tetapi jika populasi serangga dan kutu relatif sedikit gangguan yang ditimbulkan tidak terlalu berbahaya bagi pertumbuhan anggur. Namun demikian kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan serangga dan kutu tersebut tetap merugikan dari segi estetika pohon dan menurunnya kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan.

FLEA BEETLE / STEELY BEETLE

Serangga Tanaman Anggur
Serangga Flea Beetle


Serangga ini berukuran 5 milimeter berwarna biru tua metalik yang mengkilap. Bisa melompat dengan cepat saat merasa terganggu. Serangga dewasa dan larvanya merusak mata tunas, daun yang masih muda dan bunga anggur sebelum mekar. Pada daun yang lebih tua biasanya larva memakan lapisan atasnya saja dengan meninggalkan serat daunnya sehingga daun menjadi berlubang-lubang. Serangan serangga dewasa berpindah-pindah sedangkan larvanya hanya menyerang tempatnya menetas saja.

SERANGGA PENGERAT BATANG

Serangga perusak anggur
Serangga pengerat batang

Sebenarnya serangga ini tidak memakan daun ataupun batang anggur, gangguan yang ditimbulkannya hanya saat serangga betina akan bertelur. Telur diletakkan di dalam batang angur yang masih muda, parahnya setelah telur diletakkan, serangga ini membuat luka keratan mengelilingi batang sehingga membuat batang mudah patah.

GALLMAKER / PEMBENGKAK BATANG

serangga anggur
Serangga Gallmaker



Sepintas penampilan serangga ini sama dengan serangga pengerat batang. Yang dilakukan pun sama, menempatkan telur di dalam batang anggur, bedanya serangga ini tidak membuat keratan melingkar sehingga batang anggur tetap bisa tumbuh dengan baik tanpa terganggu produksinya, hanya saja penampilan batang anggur yang dirusak terlihat membesar seperti bengkak dengan bekas luka berupa lubang memanjang.
serangga gallmaker
Kondisi batang anggur terserang Gallmaker

SPIDER MITE
 
Spider Mite


Kutu yang menyerupai laba-laba ini berukuran sangat kecil kurang dari 1 milimeter. Biasanya kutu ini berdiam di bagian bawah daun dan merusak lapisan stomata di sekitar tulang daun. Kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu mengganggu, kecuali jika serangan yang terjadi sangat banyak bisa menyebabkan kerusakan parah yang berakibat fatal pada pohon anggur yang sedang mengalami stress air. Biasanya kutu laba-laba ini bersembunyi di rerumputan atau sampah organik yang ada di permukaan tanah, pada saat kering mereka akan berpindah naik ke daun anggur terutama daun yang rimbun/rapat.

JAPANESE BEETLE
 
Serangga Japanese Beetle
Serangga ini berukuran 12 milimeter pada usia dewasa. Kerusakan yang ditimbulkan umumnya pada permukaan atas daun, beberapa jenis yang lain juga memakan lapisan bawah daun. Walaupun memakan daun serangga ini tidak membuat gangguan yang signifikan terhadap pertumbuhan.

MEALY BUG
 
Serangga Mealy Bug

Serangga jenis ini sebenarnya tidak mengganggu pertumbuhan anggur, ganggaun pada pertumbuhan bisa terjadi saat mealy bug mulai mengeluarkan kotoran yang berupa madu, madu inilah yang disukai semut dan sisa yang tercecer akan menjadi media hidup microba yang keberadaannya membuat buah tidak berkembang dan tunas berhenti tumbuh seperti mengkerut menjadi kerdil.
Serangga Perusak Tanaman Anggur Serangga Perusak Tanaman Anggur Reviewed by El Info on Friday, September 09, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...