loading...

Tips membuahkan pohon anggur

Dalam bahasan warung kopi, ternyata masih banyak penanam anggur rumahan yang masih bingung bagaimana cara membuahkan pohon anggur. Bahkan hasil bahasan tadi, seorang bapak harus menebang batang anggurnya yang sudah 3 tahun tidak kunjung berbuah, bahkan beliau menganggap anggur sebagai sarang ular. Ya jelas aja, kalau seandainya Anggur berumur 3 tahun dan tidak pernah dipangkas, gak kebayang sudah berapa meter penjangnya..

Pada Dasarnya, pemangkasan Anggur merupakan kunci utama untuk membuahkan anggur. Nah untuk permulaan tidak ada salahnya untuk membaca jenis-jenis pemangkasan Anggur pada Rahasia Pemangkasan Anggur. . Selanjutnya mari kita simak Tips membuahkan pohon Anggur.

Trunk, Cane and Spur 

Pada gambar diatas, adalah istilah-istilah baku yang harus diketahui untuk lebih lanjut memahami tentang tips membuahkan pohon anggur ini. Trunk biasa kita sebut dengan batang primer yaitu batang yang tumbuh mulai dari atas tanah sampai dengan percabangan utama. cabang ini dibentuk paling cepat 1 tahun pertama, bila terlanjur terlewatkan tidak ada salahnya memangkas ulang pohon anggur yang ada agar memudahkan untuk identifikasi percabangan berikutnya.

Spurs dapat juga disebut sebagai batang sekunder, bagian ini sudah dapat mengeluarkan buah, dan pada umumnya pada batang ini tidak memiliki banyak mata tunas. Umumnya anggur dengan jenis seedless akan berbuah baik pada batang ini. sedangkan  Cane biasa disebut dengan batang tersier, yaitu batang dengan umur lebih muda dibandingkan dengan cabang sekunder dan sudah mencapai umur satu tahun.



Berikut Tips Pembuahan Pohon Anggur :
  1. Tiga minggu sebelum pemangkasan, tanaman di pupuk dulu dengan NPK sebanyak dua sendok makan. Pupuk ini dicampur rata dengan media tanam bagian atas, lalu disiram dengan air hingga jenuh.
  2. Pemangkasan sebaiknya dilakukan secara selektif. Hanya cabang tersier dengan mata tunas menonjol saja yang di pangkas. Biasanya cabang tersier yang mata tunasnya kecil dan tidak menonjol tidak mengluarkan bunga bila dipangkas. Oleh karena itu, cabang yang mata tunasnya kecil tidak perlu di pangkas. Pemangkasan ditunda dulu sampai mata tunasnya membesar.
  3. Pemangkasan cabang tersier ini dilakukan pada ruas keempaat atau kelima dari pangkal cabang. Dengan pemangkasan seperti ini, pada setiap cabang tersier akan tersisa tiga atau empat mata tunas. Tiga atau empat mata tunas inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi ranting yang berbunga. Pemangkasan bisa diikuti dengan membuang semua daun sehingga cabang-cabang yang di pangkas tidak memiliki daun sama sekali.
  4. Beberapa saat setelah di pangkas, luka akibat pemangkasan akan meneteskan air. Ini merupakan tanda bahwa cabang yang di pangkas telah cukup umur. Dua minggu kemudian mata tunas pada cabang yang tersisa akan menumbuhkan daun dan bunga. Bunga yang muncul selalu berhadapan dengan daun. Satu bulan setelah pemangkasan malai-malai bunga yang keluar sudah kelihatan jelas.
  5. Pada pemangkasan pertama malai bunga yang muncul biasanya masih jarang. Malai bunga yang keluar pun juga kecil. Jumlah malai berangsur-angsur akan bertambah pada pemangkasan kedua, ketiga, dan seterusnya.
  6. Bunga yang muncul setelah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan buah-buah kecil berwarna hijau. Buah kecil ini lama-kelamaan akan membesar dan mencapai pertumbuhan maaksimal. masa pertumbuhan maksimal berbeda-beda berdasarkan jenis/varietas anggur. Beberap varietas anggur dapat di lihat pada, Varietas Anggur Ukraina dan Beberapa Negara Lainnya dan Grape Varieties Hussain Red and White, Galahad and Manicure Finger
  7. Pada masa pertumbuhan buah, sebaiknya pemupukan dilakukan setiap bulan. 
Nah setelah tahu tipsnya semoga tidak ada lagi pecinta buah anggur yang kecewa karena pohon anggurnya tidak berbuah.. Selamat mencoba..
Tips membuahkan pohon anggur Tips membuahkan pohon anggur Reviewed by My Grapes on Monday, September 26, 2016 Rating: 5

No comments:

loading...