Anggur Merah

Anggur merupakan salah satu komoditi buah-buahan memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Buah anggur juga sangat baik untuk kesehatan, kulit buah anggur memiliki potensi kandungan resveratrol yang mencapai 1,5 – 3 mg/liter. Sampai saat ini jumlah varietas anggur di seluruh belahan dunia mencapai lebih dari 10.000 varietas. Beberapa ribu di antaranya adalah varietas anggur meja atau yang biasa disebut table grapes, varietas anggur meja pada umumnya berukuran besar, berpenampilan menarik, dan pastinya dari segi rasa sangat ideal untuk dikonsumsi dalam keadaan segar.

Baca juga : Varietas-Varietas Anggur Meja

Penamaan buah anggur pada awalnya diberikan berdasarkan bentuk buah, negara asal buah dan yang paling umum adalah warna buah. di Indonesia sendiri, masyarakat pada umumnya memberikan penamaan buah anggur berdasarkan warnanta, seperti anggur merah, anggur hijau dan anggur hitam. Namun seiring berkembangnya teknologi pertanian saat ini, berkembangnya varian-varian hasil dari perkawinan silang.  Sehingga penamaan anggur semakin variatif yang didasarkan pada nama yang diberikan oleh sang penemu varian barunya. Seperti penamaan anggur Goulby yang merupakan hasil perkawinan silang jenis red prince dan Izunishiki.

Penamaan anggur berdasarkan warna saat ini sudah sangat sulit didifinisikan sebab banyaknya jenis buah anggur yang memiliki warna sama namun memiliki ciri-ciri khusus baik rasa dan bentuk yang berbeda. Pada tulisan ini, saya akan menjabarkan sedikit tentang jenis-jenis buah anggur yang dikatagorikan berdasarkan warna buah yang umum dikenal. 

Angur Merah

Anggur merah merupakan anggur yang paling umum disebutkan di kalangan masyarakat, hal ini mungkin karena banyaknya jenis buah anggur dengan warna ini yang beredar di pasar. Umumnya, anggur merah di Indonesia di dominasi oleh jenis anggur Red Globe. 




Anggur red globe saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Saat ini hasil budidaya pertanian Indonesia belum mampu untuk memenuhi kebutuhan anggur merah di pasar lokal, sehingga buah anggur merah di pasaran, seperti di supermarket saat ini umumnya merupakan hasil import dari China, USA dan Australia. 

Karakteristik buah ini sesuai dengan karakteristik anggur meja. Jenis anggur merah ini memiliki ukuran buah dengan katagori ukuran besar dengan rasa buah manis. Namun demikian tidak semua buah jenis ini memiliki rasa manis sesuai dengan diskripsinya, sering kita dapatkan rasa buah yang sedikit asam, hal ini dapat disebabkan oleh faktor teknik budidaya dan iklim yang berbeda pada lahan perkebunannya, mungkin bisa di survey sendiri mana yang paling mantab rasa manisnya, anggur merah red globe USA, Australia atau China.


Anggur Hijau

Anggur dengan warna buah hijau juga sering kita dapatkan menghiasi etalase supermarket. Sesuai dengan warna kulit buahnya, dengan warna hijau yang menggoda dan segar di mata dan pastinya manis di lidah. Namun sebenarnya anggur hijau yang banyak di pasaran Indonesia adalah jenis anggur Thomson. Walau dari segi ukuran buah jenis ini memiliki ukuran yang kecil, namun besar akan segudang khasiat dan manfaat. Selain itupun sensasi rasa dan kesegarannya selalu menggugah selera. Maka tak heran kalau jenis buah dengan warna ini kerap menjadi pilihan primadona dari jenis buah yang ada, sayangnya harga yang di tawarkan di pasaran masih terbilang lumayan mahal.


Umumnya buah anggur thompson berukuran diameter kurang lebih 16-22 mm, sedangkan untuk karakteristik buahnya sendiri berwarna hijau terang (terkadang agak kekuningan),bentuk anggur cendrung lonjong serta tekstur buahnya renyah, dan tergolong anggur jenis seedless.

Buah anggur hijau ini sangat sensitif dan mudah rusak, maka di perlukan suhu khusus saat penyimpanan agar tetap terjaga kesegeran buahnya. Oleh karenanya para pedagang di toko buah atau swalayan kerap mengepaknya dengan menggunakan plastik wraping dan styrofoam, di display pada showcase pendingin yang telah di sediakan di area pajang.

Anggur Hitam

Dari jenis anggur hitam umumnya yang ada di pasaran Indonesia merupakan jenis Anggur import seperti autumn royal. Autumn Royal adalah jenis anggur seedless dan merupakan anggur varietas pertama yang diproduksi di California, dan dirilis pada tahun 1996.


Anggur hitam ini merupakan anggur dengan ukuran besar dan tergolong jenis anggur unggul dibandingkan dengan jenis seedless lainnya. Untuk rasa, anggur ini memiliki rasa manis dan dapat dikonsumsi dalam kondisi segar seperti halnya karakter anggur meja lainnya. Bentuk buah anggur ini oval dengan kulit buah yang tipis. 



Demikian sekilar tentang jenis-jenis anggur yang biasa di namai hanya berdasarkan warna dari buahnya saja. tulisan diatas hanya mengambil masing-masing satu sample dari masing-masing warna, kenyataannya masih banyak varietas-varietas lain dengan warna yang sama dan terdapat di pasaran Indonesia.

Kalau hanya membeli buah anggur, kekecewaan terkadang muncul karena rasa buah yang tidak sesuai harapan. Tapi lain cerita kalau membeli bibit anggur yang hanya berdasarkan warna buahnya. sebelum membeli bibit anggur sebaiknya lebih spesifik mengetahui identitas bibit dan jangan pernah hanya menyebut warnanya saja. 

Banyak dari pecinta tanaman buah yang akhirnya kecewa dengan hasil buah anggur yang sudah tahunan ditanam dan ternyata hasil buah tidak dapat dikonsumsi. Penyebutan bibit anggur berdasarkan wana buah, biasanya hanya tertuju pada jenis anggur isabella. Karakter rasa buah anggur jenis ini dominan asam, dan degradasi warna buah sampai dengan masak sempurna melewati tiga warna yang sudah dijabarkan di atas. Saat masih muda buah anggur berwarna hijau, perubahan kedua merah dan kondisi matang sempurna menjadi hitam. 

Karenanya, pemula penanam anggur umumnya membeli jenis isabella ini dari penjual-penjual bibit tanaman buah, uniknya varietas sama namun dengan nama yang berbeda, bisa merah, bisa hijau dan bisa juga hitam, dan pada umumnya penjual buah dengan jenis isabella selalu mengidentikkan anggur jenis ini dengan anggur hijau,. kalau ada yang manusia di muka bumi ini yang puas dengan rasa anggur isabela yang berwarna hijau, maka saya cuma bisa bilang, anda sehat,...? hehehe, bcanda ya, jangan di ambil hati.

Tentang Anggur jenis ini akan diulas pada postingan berikutnya, karena rasa buahnya yang dominan asam, lantas anggur ini tidak layak untuk dibudidayakan. Sebaliknya, anggur jenis ini sangat diperlukan karena kelebihannya yang sesuai dengan iklim Indonesia.

Baca postingan berikutnya tentang Anggur Isabella

Anggur Merah Anggur Merah Reviewed by El Info on Monday, October 24, 2016 Rating: 5

No comments: