Cara Membuat Compos Tea Untuk Penyubur Media Tanam Buah Anggur

how to making compos tea

Apa itu Compos Tea..?

Kompos tea (Teh kompos) adalah  asupan tambahan untuk tanaman dan merupakan obat penyubur tanah yang baik. Teh kompos menghasilkan nutrisi yang lebih baik dibandingkan kompos kasar dan dianggap lebih efektif. Secara sederhana dapat difahami bahwa teh kompos adalah pupuk kompos yang diseduh sehingga menjadi pupuk cair yang berikutnya dapat diaplikasikan ketanaman dengan cara menyiram atau menyeprotkan ke seluruh tanaman.

Kompos tea di anggap lebih efisien untuk tanaman dalam pot, sebab dengan menggunakan compos tea ini hanya memberikan nutrisi yang cukup tanpa menambah volume media tanam. Terkadang para pecinta tanaman hias sengaja mendekorasi permukaan media tanam, sehingga metode pemberian kompos dengan penyemprotan atau penyiraman tidak merusak kondisi permukaan media.

Belakangan ini pembuatan compos tea telah berkembang dengan menambahkan sistem airase dan molase untuk menambah pertumbuhan bakteri yang secara alami dapat menggemburkan dan menyuburkan media tanam. Cara ini sangat efektif, sehingga compos tea yang awal penggunaannya hanya untuk tanaman sayur dan tanaman hias daun kini berkembang pada tanaman bunga dan buah.  

Untuk penggunaan pada tanaman bunga dan buah penambahan bahan-bahan lain yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan bunga dan buah. untuk lebih detilnya akan dijabarkan berikutnya.

Kelebihan Penggunaan Kompos Tea Untuk Tanaman Buah Anggur

1. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Penggunaan compos tea akan memberikan nutrisi dan mineral untuk pertumbuhan daun sehingga daun akan lebih sehat dan segar dan dapat meningkatkan ukuran daun. Selain untuk tanaman buah anggur, kompos tea juga baik untuk tanaman hias. Tanaman hias daun dan sayuran yang di beri kompos tea akan menghasilkan daun yang lebar dan sehat.

2. Memberikan Tambahan Nutrisi Tanaman dan Tanah

Nutrisi yang diserap oleh tanaman berasal dari tanah ataupun daun. Aplikasi compos tea  dengan cara penyemprotan, nutrisi akan diserap melalui daun. Kandungan kompos tea berupa mikroba yang baik sehingga berguna untuk menghambat pertumbuhan jamur dan pantogen yang sering menginfeksi tanaman khususnya pada bagian akar. Serangan pantogen dan jamur pada perakaran, pada tanaman anggur akan sangat mempengaruhi pertumbuhan, apalagi pada saat awal masa pertumbuhan.

Aplikasi penyiraman akan memberi tambahan mikroba hidup yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh tanaman, berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada tanah, sehingga dapat mengurangi efek stres pada tanaman dan memudahkan akar tanaman untuk menyerap nutrisi yang diberikan.

3. Membantu Daya Tahan Tubuh Tanaman

Aplikasi compos tea pada tanaman akan memberikan keseimbangan nutrisi pada tanaman dan memperbaiki kondisi tanah. Keadaan ini menghasilkan pertumbuhan tanaman menjadi sehat sehingga dapat menangkal hama, penyakit, jamur dan sebagainya. Kandungan mikroba pada compos tea berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan jamur dan mikroba jahat. Selain itu penumbuhan bahan alami lainnya dapat menghasilkan pestisida nabati.

4. Menggantikan Pupuk Kimia

Manfaat terbesar dari compos tea ini adalah untuk menggantikan peran pupuk kimia, fungisida dan pestisida kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, satwa liar, tanaman dan tanah. Dengan penggunaan compos tea sepenuhnya penerapan pertanian organik yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

Cara 1 Membuat Compos Tea 

Bahan :

  • Sediakan bahan kompos
  • Ember, untuk ukuran tergantung kebutuhan.
  • Air bersih, hindari penggunaan air PDAM karena mengandung kaporit. sebaiknya gunakan air sumur.
  • Kain halus, seperlunya. digunakan untuk menyaring, semakin rapat saringan akan menghasilkan cairan compos tea yang semakin bersih sehingga dapa digunakan sebagai pupuk semprot.

Untuk menyediakan bahan kompos, selain membeli dapat juga dibuat sendiri dengan cara seperti pada postingan Cara membuat kompos aerob sederhana.

Kompos yang disediakan harus sudah benar-benar matang untuk menghindari kemungkinan adanya pantogen berbahaya. Usahakan tidak menggunakan kompos yang terlalu tua untuk mendapatkan hasil compos tea yang kaya akan nutrisi. Nutrisi pada kompos yang terlalu tua biasanya sudah berkurang.

Proses pembuatan :
1.  Masukkan kompos kedalam ember, dengan takaran maksimal 1/3 kapasitas ember.
2.  Isi ember dengan air bersih bebas kaporit, hingga penuh.
3.  Aduk campuran.
4.  Diamkan selama 4 s.d 5 hari
6.  Saring hasil rendaman untuk menghasilkan compos tea yang bersih.
7.  Compos tea siap untuk digunakan.


Cara penggunaan kompos tea

  1. Compos tea dapat digunakan langsung dengan cara penyiraman pada rumpun tanaman. cara ini tidak membutuhkan penyaringan compos tea terlalu halus.
  2. Penyemprotan pada seluruh batang dan daun tanaman. untuk dosis penyemprotan dapat di uji coba sesuai dengan jenis tanaman. Penggunaan umum dengan takaran compos tea dan air adalah 1 :10. 
  3. Ampas kasar dari kompos tea dapat digunakan dengan meletakkan di sekitar batang pada tanaman yang ditanam langsung di tanah. 

Cara 2 Membuat Compos Tea /Aerated Compost Extract (ACE)

Pembuatan ACE  sedikit berbeda dengan pembuatan compos tea yang telah kita bahas sebelumnya. Menurut Tim Marshall, Composting, p. 79, (2008), metode ini merupakan metode yang terbaik untuk meningkatkan jumlah mikroba yang bermanfaat untuk tumbuhan. Namun metode ini jelas membutuhkan tambahan peralatan dan dukungan arus listrik yang stabil.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ACE


  1. Kompos yang terbuat dari bahan sumber karbon seperti daun, serbuk gergaji dan kardus.
  2. Tanah hutan/humus
  3. Jamur yang menguntungkan. Baca Juga Jenis-jenis jamur yang baik untuk tanah dan tanaman.
  4. Molase/larutan gula
  5. Telur ayam kampung
  6. Air kelapa muda
  7. Aerator/Alat gelembung udara untuk aquarium.
  8. Kaus kaki nilon/ stoking

Cara Pembuatan ACE



  1. Masukkan semua bahan kedalam kaus kaki/stocking kecuali molase, 
  2. Basahi atau rendam kaus kaki dengang air kelapa, taruh ditempat yg gelap selama -+4jam, 
  3. Siapkan air 20 ltr kedalam timba/ember beserta eratornya & celupkan kaus kaki atau stocking kedalam timba
  4. Setelah erator menyala 1 jam masukkan molase 1 cangkir. Aerator harus terus menyala selama 24-48 jam.
Cara penggunaan ACE sama dengan penggunaan Compos tea, dengan penyemprotan atau penyiraman langsung dengan dosis ACE dan air 1:10.

Sebagai tambahan, bahan yang digunakan pada tulisan ini merupakan bahan minimum, bahan yang digunakan tidaklah baku melaikan dapat terus dikembangkan sesuai dengan kandungan nutrisi pada bahan-bahan yang digunakan.  
Cara Membuat Compos Tea Untuk Penyubur Media Tanam Buah Anggur Cara Membuat Compos Tea Untuk Penyubur Media Tanam Buah Anggur Reviewed by My Grapes on Monday, October 31, 2016 Rating: 5

No comments: