Mengenal Rootstock (Batang Bawah) dalam Budidaya Anggur


Mengenal Rootstock (Batang Bawah) dalam Budidaya Anggur- Batang bawah atau rootstock/understem adalah tanaman yang berfungsi sebagai batang bagian bawah yang masih dilengkapi dengan sistem perakaran yang berfungsi mengambil makanan dari dalam tanah untuk batang atas atau tajuknya.

Pada umumnya pada tanaman lain, batang bawah berasal dari biji. Keuntungan batang bawah dari biji adalah:

  • Perkembangan sistem akar lebih kuat dan dalam, karena memiliki akar tunggang, sehingga relatif lebih tahan terhadap kekeringan.
  • Penyediaan batang bawah jenis ini bisa dilakukan dalam jumlah banyak.


Adapun Kriteria tanaman yang akan dijadikan batang bawah adalah:

  • Mampu beradaptasi atau tumbuh kompak dengan batang atasnya, sehingga batang bawah ini mampu menyatu dan menopang proses pertumbuhan batang atasnya.
  • Tanaman dalam kondisi sehat.
  • Sistem perakarannya baik dan dalam serta tahan terhadap keadaan tanah yang kurang menguntungkan, termasuk harus tahan teradap hama dan penyakit yang ada dalam tanah.
  • Tidak mengurangi kualitas dan kuantitas tanaman yang disambungkan/ diokulasi.


Perawatan batang bawah meliputi kegiatan pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta penyiraman. Hal ini perlu diperhatikan agar batang bawah tumbuh subur dan sehat. Pertumbuhan yang subur dan sehat akan mempermudah pengelupasan kulit dan kayunya, karena sel-sel kambium berada dalam keadaan aktif membelah diri. Proses pembentukan kalus atau penyembuhan luka berlangsung dengan baik, sehingga pada akhirnya keberhasilan sambungan atau okulasinya juga tinggi.

Berbeda dengan anggur, memperbanyak batang bawah berasal dari stek dengan karakteristik varian tertentu yang sengaja di peruntukkan sebagai batang bawah. Pemilihan rootstok pada tanaman anggur harus disesuaikan dengan iklim, kondisi dan karakteristik tanah, dan karakteristik penyakit-penyakit tertentu yang biasa penyebarannya berasal dari dalam tanah seperti nematoda & phylloxera. Hal ini berguna untuk mendapatkan rootstok yang mampu beradaptasi dengan kondisi tanah dan lingkungan sehingga dapat menunjang pertumbuhan batang atas/entres.

Mengenal Rootstaok (Batang Bawah) dalam Budidaya Anggur


Dari sekian banyak variates anggur yang dijadikan rootstock pada artikel inii akan diulas beberapa jenis yang umum digunakan di berbagai negara. untuk penggunaan rootstok di Indonesia sendiri, dapat disesuaikan dengan karakteristiknya.

Jenis rootstock: Freedom

Jenis rootstock ini merupakan jens yang paling banyak digunakan di perkebunan California. Menurut sebuah artikel dari UC Davis, Freedom Rootstock  adalah salah satu dari empat batang bawah yang sukses dengan hasil keseluruhan ukuran rata-rata buah dan berat pertandan yang baik. Freedom Rootstock adalah salah satu kandidat terbaik untuk jenis entres Zinfandel. Zinpandel adalah jenis anggur wine yang saat ini banyak dikembangkan di California.

Selain itu, menurut artikel Rootstocks for grape production from Oklahoma State UniversityFreedom Rootstock memiliki resistensi sangat baik terhadap serangan Nematoda. Nematoda dapat menyebabkan masalah serius untuk anggur dengan menginvasi ujung akar. Hal ini dapat menyebabkan tanaman menjadi kekurangan nutrisa dan akan menghambat pertumbuhan tanaman anggur secara keseluruhan.

Berikut penjelasan singkat tentang Freedom Rootstock

Negara Asal: Amerika Serikat
Pengembang: Weinberger dan Harmon
Tahun dirilis: 1974
Kegunaan: sebagai batang bawah

Di negara asalnya freedom termasuk salah satu rootstock yang direkomendasikan sebagai batang bawah untuk pohon anggur dengan spesifikasi sebagai berikut:

#Keunggulan & kekurangan:

Sangat cocok untuk tanah bertekstur kasar yang memiliki kesuburan tanah relatif rendah/bahkan subur.
Digunakan untuk menginduksi dan respon cepat terhadap perkembangan batang atas (entris )
Tahan dari serangan nematoda
Rentan terhadap serangan kutu penghancur (Phylloxera)
Tidak cocok buat tanah bertekstur liat atau lempung karna perkembangbiakan kutu perusak akar sangat reralif tinggi.

Jenis rootstock: Paulsen 1103

Negara Asal: Italia
Pengembang: Paulsen
Tahun dirilis: 1895
Kegunaan: sebagai batang bawah

Dibagian Italia selatan jenis rootstock paulsen dianggap sebagai pahlawan penolong ditengah terjadinya krisis pengairan/kemarau. Paulsen dengan keistimewaanya sangat cocok untuk tanah yang memiliki tingkat kesuburan dan kecukupan air dan paulsen juga mampu bertahan dimasa kemarau panjang dan tumbuh subur ditanah berbasis kapur.

#Keungulan & kekurangan:

Cocok untuk tanah atau daerah yang tidak memiliki irigasi mencukupi.
Memiliki ketahanan kering tingkat tinggi dibanding 110 R
Baik digunakan untuk menginduksi dan respon cepat terhadap perkembangan batang atas (entris )
Tahan terhadap serangan kutu penghancur (Phylloxera)
Rentan terhadap serangan nematoda

Jenis rootstock: 110R; 110 R; 110 Richter

Negara Asal: Amerika Serikat
Pengembang: Richter
Tahun dirilis: 1889
Kegunaan: sebagai batang bawah

Jenis rootstock richter direkomendasikan buat tanah didaerah bukit/dataran tinggi, dimana suatu saat ketika kemarau datang ada kemungkinan tidak ada pengairan yang cukup. Tidak kalah dengan freedom dan paulsen dalam memasok nutrisi untuk scion-nya(cabang atas), Rootstock richter juga memiliki keunggulan yang cukup bagus dibandingkan keduanya.

#Keunggulan & kekurangan:

Cocok untuk kawasan atau tanah yang tidak memiliki pengairan stabil
Baik digunakan untuk menginduksi dan respon cepat terhadap perkembangan batang atas (entris )
Memiliki ketahanan terhadap serangan kutu penghancur (Phylloxera)
Tahan dari pembusukan akar

Untuk Selengkapnya tentang rootstok, dapat dilihat pada http://iv.ucdavis.edu/files/24347.pdf

Mengenal Rootstock (Batang Bawah) dalam Budidaya Anggur Mengenal Rootstock (Batang Bawah) dalam Budidaya Anggur Reviewed by My Grapes on Thursday, February 16, 2017 Rating: 5

No comments: