Buah Anggur yang Paling Manis di Dunia

Dalam memilih buah-buahan pastinya kita akan selalu mencari buah yang sudah cukup matang, dan pastinya rasa manis. Dengan melihat rupa buah, memegang teksturnya, dan mencium baunya merupakan cara umum yang kita lakukan. Ternyata perlakuan demikian tidaklah cukup untuk menentukan skala kemanisan buah tersebut. Khususnya dalam pemilihan buah anggur, banyak faktor yang terkadang belum kita ketahui tentang jenis, rasa dan tekstur varian anggur. Sehingga banyak dari kita terkecoh dengan bentuk yang menarik dan ternyata dari segi rasa tidak cukup memuaskan.

Untuk awal mengenal jenis-jenis anggur yang banyak beredar di pasar, tidak ada salahnya membaca artikel berikut ini:


Sebagai tambahan referensi tidak ada salahnya membaca juga Artikel lainnya.

Dalam industri pangan khususnya buah-buahan, satuan pengukur kemanisan buah yang dipakai adalah Brix untuk menentukan dengan akurat seberapa manis buah/hasil sebelum di jual ke pasar. Brix merupakan unit pengukur kemanisan gula di dalam cairan (liquid). Satuan Brix yang digunakan ialah derajat Brix, Brix atau %Brix. Skala Brix ditemukan oleh  Ilmuwan Jerman, Adolf Ferdinand W Brix (1798-1870) di tahun 1870. 1% Brix setara dengan 1 gram gula sukrosa di dalam 100 gram air. 

Umumnya buah anggur memiliki skala brix dari yang terendah sampai yang tertinggi adalah 8 s.d 20 brix, nilai brix pada buah anggur yang bermutu adalah buah dengan kadar 20 brix keatas. Untuk mendapatkan kadar brix dengan kualitas bermutu (20+) ternyata tidak hanya tergantung pada jenis dari varietas anggurnya. Namun juga dipengaruhi oleh iklim setempat dan waktu panen yang tepat.

Iklim mempengaruhi tingkat brix pada buah anggur, karena pada dasarnya rasa buah dipengaruhi oleh kadar air. Pada iklim basah, buah anggur yang dihasilkan akan lebih banyak mengandung air, sehingga akan menurunkan kadar brix pada buah. Selain itu, buah anggur umumnya akan lebih baik dipanen pada saat musim kemarau, dimana pohon dan buah dalam masa minimum air.

Sedangkan waktu panen mempengaruhi rasa buah disebabkan karena buah anggur tidak dapat di peram seperti umumnya buah-buahan lainnya. Sehingga tingkat kematangan akan sangat mempengaruhi kualitas rasa buah. Panen buah anggur pada masa kematangan sempurna merupakan syarat mutlak untuk menghasilkan buah anggur yang berkualitas dengan kadar brix yang tinggi.

Selain faktor yang telah dijelaskan diatas, berikut ini akan saya jabarkan Buah Anggur yang Paling Manis di Dunia berdasarkan varietasnya. Tingkat brix yang dihasilkan merupakan kadar yang dihasilkan dari pengukuran dari buah dengan tingkat kematangan sempurna di wilayah perkebunan dengan iklim yang sesuai. Jadi saya juga tidak menjamin rasa buah atau kadar brix akan sesuai bila jenis/varietas anggur ini di budidayakan di Indonesia.


Buah Anggur yang Paling Manis di Dunia dengan kadar lebih dari 23 brix


Ougyoku, yang berasal dari .Jepang walau warnanya tidak begitu menarik ternyata varietas ini memiliki kadar gula yang luar biasa mencapai 25 brix, sangat manis dengan aroma muscat yang kuat. Berat per butirnya sekitar 13 gram.

Ougyoku

Shane Muscat. Anggur meja dengan warna buah kuning hijau dengan kadar gula mencapai 25 brix pada kematangan sempurna. jenis anggur ini juga dikembangkan di jepang dengan berat pertandan 500 hingga 800 gr.

Shane Muscat, http://www.solodki-grona.com/Stolovij/Japan/ShejnMuskat.html

Buah Anggur yang Paling Manis di Dunia dengan kadar 22 brix


Scarlet Royal Red Seedless Menurut USDA (United States Department of Agriculture) Jenis ini dipanen pada pertengah Agustus dengan warna buah matang merah gelap tembus cahaya, dengan warna daging kuning kehijauan. Anggur berbentuk oval ini sudah berkembang di kebun-kebun anggur di California sejak di komersilkan pada tahun 2005 dan mendapatkan hak patennya pada tahun 2006. Sebelum dikomersilkan, anggur hybrid ini telah di ujicoba selama 10 tahun sampai dengan hasil yang berkualitas seperti sekarang ini.

Gold Finger,  anggur cantik berbentuk seperti jari lentik, dengan rasa manis yang mantap mencapai 22 brix dan ukuran berat 8 gram per butirnya. Tidak terlalu besar tetapi sangat layak untuk dicoba. selain itu juga ada varietas Shouheikou, warna merahnya sangat menggoda sesuai dengan rasa manisnya yang mencapai 22 brix. Bentuk ovalnya membuat anggur ini sangat terlihat menggiurkan. Ukuran butiran buahnya pun tidak mengecewakan sekitar 20 gram

Scarlet Royal Seedless
Scarlet Royal Seedless

Beberapa jenis anggur diatas adalah beberapa jenis anggur dengan tingkat manis yang tinggi. sebenarnya masih banyak lagi variets-varietas anggur meja yang memiliki kadar brix yang tinggi. tapi dengan keterbatasan penulis, mungkin untuk saat ini hanya ini yang bisa saya tuliskan, InsyaAllah akan kita tambahkan jenis lainnya. 

Terimakasih atas kunjungannya..



Buah Anggur yang Paling Manis di Dunia Buah Anggur yang Paling Manis di Dunia Reviewed by My Grapes on Thursday, March 02, 2017 Rating: 5

No comments: