Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur

Baca juga artikel lainnya diantaranya :

Tulisan ini dengan judul Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur merupakan hasil dari translate dan pemahaman singkat saya dari jurnal yang ditulis oleh Jennifer M. Hashim-Buckey, Viticulture Farm Advisor, UC Cooperative Extension, Kern County 1031 S. Mount Vernon Avenue, Bakersfield, CA 93307 Phone: (661) 868-6200, jmhashim@ucdavis.edu


Tulisan aslinya berjudul Management of Mineral Nutrition in Table Grape Vineyards. Tulisan ini bertujuan untuk meringkas apa yang telah dipelajari selama beberapa dekade terakhir dan menyoroti kemajuan terkait dengan nutrisi mineral yang dibutuhkan oleh tanaman buah anggur. namun pada kali ini saya khusus menjabarkan tentang Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur. sedangkan untuk nutrisi lainnya mungkin dapat saya tuliskan pada kesempatan lainnya.

Nizina

Nitrogen (N)

Nitrogen adalah unsur mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar yang berfungsi sebagai penyusun protein penting dari semua jaringan tanaman dan merupakan komponen struktural dari molekul klorofil. Ketika anggur kekurangan unsur N, maka akan berakibat pada pertumbuhan vegetatif yang melambat dan dampaknya daun menjadi klorotik (kerusakan atau gagalnya pempentukan klorofil, sehingga tidak berwarna hijau, melainkan kuning atau pucat). 

Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur

Sebaliknya, kondisi tanaman anggur dengan persediaan N yang berlebihan akan berdampak pada daun berwarna hijau tua, pertumbuhan sangat cepat sehingga kanopi menjadi padat. Hal ini akan mempersulit dalam pembentukan kanopi dan dapat juga berkontribusi pada masalah lain seperti bentuk buah yang buruk, pewarnaan merah pada buah anggur menjadi tidak sempurna, dan peningkatan kadar busuk tandan buah dan nekrosis (mati) tandan buah  (Christensen Dan Merak, 2000).

Kebutuhan N pada anggur sangat kurang dibandingkan dengan tanaman pertanian lainnya (Mullins et al., 1992). Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui jumlah N yang digunakan untuk anggur jenis Thompson seedless yang ditanam untuk kismis di Lembah San Joaquin. Dibutuhkan sekitar 84 kg/ha untuk mendukung pertumbuhan daun, batang dan kluster tahunan.

Jadwal Pemberian Pupuk N Yang Tepat

Nitrogen sangat dibutuhkan selama periode pertumbuhan vegetatif yang cepat, yaitu dari awal penanaman sampai awal pembentukan buah. Selama periode inilah kebutuhan N sangat dibutuhkan hingga mencapai 50% dari kebutuhan N tahunannya (Conradie, 2005). Pada masa tersebut pertumbuhan akar sangat aktif dan serapan mineral  lainnya menjadi minimum. 

Pada masa awal pertumbuhan tunas yang biasanya terjadi setelah proses stress air dan prunning (pemangkasan), Kebutuhan N terpenuhi dari cadangan yang disimpan di akar dan struktur kayu permanen lainnya (Trunk, cordons, canes). 


Jumlah N yang dibutuhkan untuk mengisi ulang kebutuhan struktur kayu permanen yang telah terpakai antara masa Budbreak dan pembentukan awal buah dibutuhkan hingga  40% dari yang dibutuhkan oleh tunas, daun dan cluster (Conradie, 1980). Karena kebutuhan akan N sangat penting pada masa ini dan sangat tergantung pada cadangan, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan akan unsur N sebaiknya terpenuhi sebelum proses stress air. Pupuk harus diterapkan saat tanaman anggur dapat menyerap dan mengasimilasi N untuk meminimalkan denitrifikasi N secara menyeluruh (Conradie, 2005, Peacock et al, 1989).


Menurut Conradie, 2005, Peacock et al., 1989, masa penyerapan N oleh tanaman buah anggur tercepat terjadi pada masa awal budbreak sampai masa pembentukan cluster, sehingga pasca proses jenuh air pasca stress merupakan masa yang sangat sesuai untuk kembali melakukan pemupukan saat kebutuhan serapan dan permintaan optimal N (Christensen, 2008). Penyerapan N ini berlanjut hingga akhir pembentukan tandan-tandan buah.  Dari penutupan tandan sampai veraison (tahapan perubahan warna buah), saat pertumbuhan tunas mulai melambat, N yang masih tersedia  akan dialokasikan dan dimasukkan ke dalam struktur pohon anggur permanen dan tersimpan.

Waktu lain yang disarankan untuk aplikasi pupuk N adalah selama periode pascapanen. Periode pascapanen adalah waktu yang tepat untuk memberi N agar serapan dan penyimpanan dapat mendukung pertumbuhan baru pada musim berikutnya. Saat pemupukan selama Pasca panen, kanopi harus sehat dan fungsional untuk memastikan penyerapan yang baik.

Menentukan jumlah nitrogen yang bisa diterapkan pada kebun anggur bergantung pada beberapa faktor. Sumber nitrogen dari air irigasi, sisa tanaman/tutupan tanaman, dan mineralisasi tanah, bahan organik dan faktor lainnya seperti varietas, batang bawah, praktik irigasi dan kanopi.

Baca : Mengenal Rootstock (Batang Bawah) dalam Budidaya Anggur dan Varietas Anggur Untuk Rootstok (Batang Bawah)

Praktik pengelolaan harus dipertimbangkan saat menentukan jumlah kebutuhan nitrogen. Persyaratan pupuk dan tujuan pemupukan adalah untuk memenuhi persyaratan pohon anggur untuk memaksimalkan hasil dan kualitas. Praktek pemupukan harus dilakukan, dinilai dan disesuaikan setiap tahun sesuai dengan analisis jaringan dan pengamatan vine vigor dan kualitas buah.

Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur

Pada kesempatan lainnya, InsyaAllah akan saya ringkas tentang Kebutuhan Nutrisi lainnya Untuk Tanaman Buah Anggur seperti Pottasium, Magnesium dan Zink sekaligus tentang Cultivar and Rootstock Effects on Mineral Nutrition.

Okelah, terimakasih telah berkunjung, dan semoga sukses..

Baca juga Kebutuhan Nutrisi Potasium (K) Untuk Tanaman Buah Anggur dan Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur
Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur Reviewed by El Info on Thursday, July 13, 2017 Rating: 5

No comments: