loading...

Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur



Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur. Kekurangan salah satu atau beberapa unsur hara akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman tidak sebagaimana mestinya yaitu ada kelainan atau penyimpangan-penyimpangan dan banyak pula tanaman yang mati muda. Gejala kekurangan ini cepat atau lambat akan terlihat pada tanaman, tergantung pada jenis dan sifat tanaman. Ada tanaman yang cepat sekali memperlihatkan tanda-tanda kekurangan atau sebaliknya ada yang lambat. Pada umumnya pertama-tama akan terlihat pada bagian tanaman yang melakukan kegiatan fisiologis terbesar yaitu pada bagian yang ada di atas tanah terutama pada daun-daunnya.


Unsur hara adalah senyawa organik dan anorganik yang terdapat di dalam tanah atau disebut juga nutrisi yang terkandung di dalam tanah. Unsur hara sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang, terutama pada tanaman yang mengasilkan buah dan umbi. Berdasarkan pada tingkat kebutuhannya, unsur hara dibagi menjadi 2 bagian yaitu makro dan mikro. Unsur hara makro adalah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah besar,  yaitu N, P, K, Ca, S dan Mg. Unsur Hara Mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah kecil/sedikit, yang termasuk unsur hara mikro adalah Fe, Cu, Zn, Mn, Mo, B, Na, Cl. 

UNSUR HARA SENG/ZINC (Zn)

Salah satu unsur hara mikro esensial adalah Seng (Zn) yang banyak digunakan oleh para petani maupun pekebun yang berperan dalam proses pencegahan daun tanaman dari proses klorosis dan nekrosis.

Permasalahan yang sering terjadi pada tanaman hortikultura adalah karena banyak tanaman termasuk organ buah yang akan diambil mengalami gangguan metabolik seperti klorosis. Klorosis dapat terjadi karena tanaman kekurangan salah satu unsur hara penunjang yakni Seng (Zn). Menurut (Resh, 2001) menyatakan bahwa unsur Seng (Zn) ikut serta dalam pembentukan klorofil atau mencegah kerusakan klorofil.

FUNGSI UNSUR SENG (Zn) UNTUK TANAMAN

Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur. Tanaman menyerap Seng (Zn) dalam bentuk ion Zn2+ dan dapat dalam bentuk kompleks organik seperti EDTA. Kebutuhan Zn sangat kecil. Jika terjadi kelebihan sedikit saja, tanaman akan keracunan. Namun demikian kekurangan vitamin Zn paling umum terjadi pada perkebunan anggur (Christensen, 2005).

Kekurangan Zn dapat terjadi di daerah yang bersuhu rendah. Kekurangan seng pada buah anggur dapat diamati pada tanah dengan kondisi berpasir dan tanah berkapur. Tanah dengan pH tinggi juga mengurangi ketersediaan Zn. Pertumbuhan batang anggur juga rentan kekurangan unsur Zn bila menggunakan rootstok dari keturunan Vitis champinii seperti jenis Freedom’ dan‘Harmony.

Fungsi Seng :

Adapun fungsi dari unsur hara ini adalah sbb:
  • Sebagai katalisator dalam pembentukan protein.
  • Mengatur pembentukan asam indoleasetik (asam yang berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh tanaman).
  • Berperan aktif dalam transformasi karbohidrat.
  • Berperan dalam pembentukan asam-asam Indolasetic Acid (IIA) sehingga akan banyak berperan dalam pembelahan sel-sel maristem.
Baca Juga :


Kebutuhan Nutrisi Potasium (K) Untuk Tanaman Buah Anggur
Kebutuhan Nutrisi Nitrogen (N) Untuk Tanaman Buah Anggur

Gejala kekurangan seng:


  • Terjadi salah tumbuh pada ujung akar dan terjadi kelambatan tunas di pucuk karena pembelahan sel maristem tidak sempurna.
  • Daun berwarna hijau muda, kuning atau putih di antara tulang daun, dan ruas-ruas batang memendek, daun menjadi kecil, sempit dan agak tebal, kemudian dapat menyebabkan daun menjadi gugur.
  • Pembentukan bakal buah terhambat atau tanaman sama sekali tidak dapat berbuah.


Kekurangan seng pada buah anggur tergantung pada tingkat keparahannya, sbb :

  • Mempengaruhi buah dan dedaunan. 
  • Penurunan produksi buah
  • Kekurangan parah dapat diamati dari kondisi daun, dimana pertumbuhan tunas terhambat, dengan ruas pendek dan banyak tunas lateral pendek, dengan daun kecil yang tidak normal.
  • Daun pada tunas utama juga tampak kerdil dengan sinus petiolar lebar dan klorosis interveinal (Christensen dan Peacock, 2000).

Penanganan Kekurangan Zn Pada Tanaman Anggur

Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur. Aplikasi pemupukan untuk mengatasi masalah kekurangan Zn dengan cara cor bukan merupakan cara terbaik. Sebagian besar kekurangan Zn dapat ditangani dengan cara penyemprotan daun yang diaplikasikan atau diterapkan sebelum daun mekar. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan Zn untuk suplai pada buah untuk meningkatkan produksi dan kualitas buah, dilakukan penyemprotan dengan waktu terbaik adalah dari dua minggu sebelum mekar penuh (Christensen, 1980). 

Baca Juga :



Mineral Zn yang ada dalam tanah antar lain seng sulfida (ZnS), spalrit ((ZnFe)S), smithzonte (ZnO), Wellemite ( ZnSiO3 dan Zn2SiO4) Pada tanah sawah sering berupa senyawa ZnS.  Senyawa ini dalam suasana oksidasi menjadi ZnSO4. Pada tanah yang mengandung banyak kapur CaCO3 dan MgCO3, kemungkinan Zn diikat kuat oleh kedua senyawa tersebut sehingga tidak tersedia bagi tanaman. Pada tanah yang kaya akan silikat, Zn akan membentuk kompleks ZnSiO3. Penggenangan sering menurunkan ketersediaan Zn karena terbentuknya kompleks ZnSiO3. Di samping itu, Zn sering membentuk kompleks logamorganik terutama dengan asam humat dan asam fulvat. Kompleks ini relatif stabil pada pH tinggi (Rosmarkam dan Yuwono, 2003). 

Ketersediaan Zn turun dengan naiknya pH. Pengapuran yang berlebihan sering menyebabkan ketersediaan Zn menurun. Tanah yang mempunyai pH tingi sering menunjukkan adanya gejala defisiensi Zn, terutama pada tanah berkapur (Rosmarkam dan Yuwono, 2003).
Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur Kebutuhan Nutrisi Seng/Zinc (Zn) Untuk Tanaman Buah Anggur Reviewed by Abu defaya on Friday, July 21, 2017 Rating: 5

No comments:

loading...