loading...

Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur

Lama sudah gak update, di maklumi aja ya... karena nulis blognya masih tergantung mood aja, belum difokuskan. Sampe-sampe ada pertanyaan dan kritikan gak terjawab dan terkoreksi.. ya begitulah adanya, baca enak aja ya om... 

Hari ini begitu buka blogger ada beberapa pertanyaan seputaran Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur. pada kesempatan ini saya coba rangkum beberapa pertanyaan dan solusi yang saya kutip dari beberapa bahasan pada grup-grup tentang Rontok Bunga dan Buah pada Tanaman Buah, yang pada dasarnya sama aja sih permasalahan dan solusi pada tanaman anggur.


Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur

Bunga dan Buah Anggur Rontok


Secara umum, penyebab dari kerontokan bunga atau buah diantaranya adalah diakibatkan oleh kekurangan unsur hara, kekurangan atau kelebihan air, cekaman lingkungan, serangan hama penyakit, atau gagal penyerbukan. Nah, disini perlu identifikasi permasalahan Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur, sehingga penanganan yang dilakukan tepat. Kalau tidak sesuai identifikasi bisa fatal juga akibatnya, jangan sampai berakibat pada over dosis pupuk yang malah membuat daun terbakar bahkan kematian pada pohon anggurnya..

Di bawah ini penjelasan tentang penyebab dari Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur, semoga bisa membantu untuk memberikan solusinya. 

Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur


Kekurangan unsur hara


Faktor dominan penyebab kerontokan bunga adalah kurangnya nutrisi pembungaan. Unsur yang diperlukan untuk pembungaan yaitu P, K, dan mikro terutama Boron. Nutrisi yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan bunga mudah rontok. Kelebihan Nitrogen misalnya, bisa membuat tanaman selalu dalam fase vegetatif, sehingga tidak terjadi pembungaan. Kelebihan Ca akan menekan ketersediaan Kalium dalam tanah. Pengaruh nutrisi juga bisa disebabkan oleh pH tanah, dimana pada pH asam unsur P menjadi tidak tersedia.

Bagaimana solusinya bila terjadi kekurangan unsur hara ini..??

1. Lakukan pemupukan secara rutin dan berimbang, gunakan sistem pemupukan terpadu menggunakan pupuk organik, kimia, hayati. Detail pemupukan disesuaikan dengan kondisi tanah dan jenis tanaman. Penjabaran terkait hal ini mungkin bisa kita jabarkan pada postingan lain ya...

2. Cek pH tanah, dan atur pada kondisi netral (6-7). Bila PH tanah di bawah 6, berarti kondisi tanah asam, penyebab tanah asam atau ber PH rendah adalah akibatkurang tersedianya unsur Kalsium (CaO) dan unsur Magnesium (MgO). 

PH tanah rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut ;

a).    Dekomposisi bahan organik
Tanah gambut selalu ber-pH rendah dan bereaksi asam, hal ini karena tanah gambut mengandung bahan organik sangat tinggi. Sehingga aktifitas dekomposisi bahan organik juga tinggi, dimana dalam proses tersebut selalu diiringi dengan hilangnya unsur Kalsium (CaO) yang ada didalam tanah.

b).    Kelebihan unsur Al, Fe dan Cu
Unsur Aluminium (Al), Besi (Fe) dan Tembaga (Cu) dalam jumlah yang berlebih dapat mengakibatkan tanah bereaksi masam. Di daerah-daerah yang banyak mengandung unsur-unsur tersebut selalu dijumpai tanah masam, seperti daerah pertambangan nikel, besi dan tembaga.

c).    Curah hujan yang tinggi
Pada daerah-daerah yang curah hujannya sangat tinggi tanah selalu bereaksi masam. Tingginya curah hujan dapat mengakibatkan terjadinya pencucian unsur hara di dalam tanah sehingga secara alami tanah akan menjadi asam.

d).    Drainase yang kurang baik
Air yang selalu menggenang karena sistem drainase yang kurang baik dapat mengakibatkan tanah menjadi asam. 

e).    Pupuk pembentuk asam
Penggunaan pupuk pembentuk asam secara berlebihan dan terus-menerus dapat menyebabkan pH tanah menurun dan menjadi asam. Beberapa jenis pupuk nitrogen seperti ZA, Urea, ZK, Amonium Sulfat dan Kcl berpengaruh terhadap menurunnya pH tanah.

Tanah yang masam dapat diketahui dari ciri-cirinya yaitu berbau busuk, permukaan air seperti ditutupi lapisan karat besi, dan banyak ditumbuhi lumut.

Bagaimana cara untuk menetralkan PH tanah..???  

Nah untuk ini silahkan dibaca aja langsung di sini ya http://www.pekalongankab.go.id/fasilitas-web/artikel/pertanian/3184--cara-menangani-masalahtanah-masam.html karena kalau dikopas semua jadi terlalu panjang ne ceritanya..


Lanjut Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur ...

Kekurangan atau Kelebihan air


Air sangat diperlukan oleh tanaman, baik pada fase vegetatif maupun generatif. Jika kekurangan air saat fase generatif, maka bunga atau buah bisa rontok. Tanaman memerlukan air yg cukup saat pembentukan bunga dan pengisian buah. Kekeringan juga membuat buah masak lebih cepat, sehingga mengurangi kualitas buah. Terlalu banyak air juga bisa mengganggu pembungaan, kondisi jenuh air membuat tanaman stress, akar kurang mendapat oksigen sehingga penyerapan nutrisi terganggu.

Nah masalah Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur yang disebabkan karena Kekurangan atau kelebihan air, dapat diselesaikan dengan pembentukan drinase yang baik dan jadwal penyiraman yang konsisten.


Cekaman lingkungan (air, suhu, cahaya)


Cekaman (stress) lingkungan akan mengganggu pembungaan dan pembuahan. Tanaman yang stress akan terganggu kondisi hormonalnya, hormon dalam tanaman tidak seimbang yg mengakibatkan bunga/buah rontok. Saat tanaman stress, maka energi tanaman akan digunakan untuk beradaptasi sehingga metabolisme menjadi terganggu. Tanaman akan menghasilkanl ebih banyak hormon ethylen (yg sifatnya menekan auksin), suplai auksin yg kurang akan meningkatkan asam absisat pada lapisan absisi di tangkai buah, sehingga buah rontok.

Solusi permasalahan ini dengan cara melakukan penyemprotan dengan zat antistress seperti asam amino, nutrisi mikro, zpt auksin (NAA), dan vitamin (C, B1, B2, B9).


Hama dan Penyakit


Adanya hama dan penyakit juga menjadi penyebab bunga rontok. Serangan thrips atau aphids saat berbunga akan membuat rontok. Solusi adalah penyemprotan insektisida dan fungisida saat fase pembungaan maupun saat pengisian buah. Jenis dan dosis disesuaikan dengan jenis hama atau penyakit.


Gagal Penyerbukan


Bunga akan menjadi buah jika terjadi penyerbukan (kecuali untuk yg partenokarpi). Gagalnya penyerbukan otomatis akan menyebabkan gagalnya pembuahan. Kualitas polen (serbuk sari) juga bisa mengganggu pembuahan.

Solusi untuk kondisi seperti ini sbb:
1. Pelajari karakter pembungaan tanaman.
2. Lakukan penyerbukan bantuan (hand polination)
3. Pelihara serangga penyerbuk seperti lebah, tabuhan, dll.
4. Semprotkan asam amino untuk meningkatkan kualitas dan viabilitas polen.

Baiklah, demikian singkatnya cerita tentang kondisi Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur, semoga bisa membantu dan solusi yang tepat semoga bisa menghasilkan buah anggur yang lebih manis dan berukuran besar.

Baca Juga :
Agar Buah Anggur Lebih Manis dan Berukuran Besar

Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur Rontok Bunga dan Buah Pada Anggur Reviewed by Abu defaya on Tuesday, July 11, 2017 Rating: 5

No comments:

loading...