Anggur Nizina (Table Grape)

Anggur Nizina (Table Grape)

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Varietas anggur

Buah anggur memiliki banyak varietas, antara lain :
  • Vitis vinifera, anggur untuk bahan minuman anggur Eropa
  • Vitis labrusca, anggur Amerika Utara untuk membuat jus anggur, kadangkala untuk minuman anggur
  • Vitis riparia, anggur liar Amerika Utara, kadangkala untuk pembuatan minuman anggur
  • Vitis rotundifolia, muscadine, digunakan untuk jelly dan kadangkala minuman anggur
  • Vitis aestivalis, varietas Norton yang digunakan untuk pembuatan minuman anggur
  • Vitis lincecumii (juga disebut Vitis aestivalis atau Vitis lincecumii), 
  • Vitis berlandieri (juga disebut Vitis cinerea var. helleri), 
  • Vitis cinerea, Vitis rupestris digunakan untuk membuat minuman anggur hibrida dan "rootstock" tahan-hama.

Anggur Hibrida


Anggur hibrida adalah varietas anggur yang merupakan hasil persilangan dua spesies Vitis atau lebih. Ini berbeda dengan penyeberangan antara varietas anggur dari spesies yang sama, biasanya Vitis vinifera , selentingan Eropa. Anggur hibrida juga disebut sebagai penyeberangan antar-spesifik atau "Varietas Modern." Karena toleransi mereka yang sangat baik terhadap embun tepung, penyakit jamur, nematoda, dan phylloxera lainnya, varietas hibrida, sampai batas tertentu, menjadi fokus baru untuk program pemuliaan Eropa. 

Varietas yang baru dikembangkan, Rondo , dan Regent adalah contoh varietas anggur hibrida yang lebih baru untuk ahli gizi Eropa. Beberapa program pemuliaan Amerika Utara, seperti di Cornell dan University of Minnesota, berfokus secara eksklusif pada anggur hibrida, dengan program aktif dan sukses, yang telah menciptakan ratusan bahkan ribuan varietas baru.

Varietas hibrida umumnya menunjukkan campuran sifat dari varietas anggur Eropa, Asia, dan Amerika Utara .Varietas yang berasal dari keturunan Vitis labrusca (seperti yang masih digunakan dalam produksi Uhudler Austria) memiliki aroma "manisan" atau "stroberi" yang kuat, sedangkan yang berasal dari Vitis riparia sering memiliki aroma herba dengan rasa yang mengingatkan pada kismis hitam. 

Anggur Nizina (Table Grape)

Nizina adalah salah satu varian anggur meja yang diunggulkan, dengan rasa buah yang serasi dengan  keseimbangan yang baik antara manis dan asam. Anggur Nizina ini dikembangkan oleh Kraynov V.N., dari Rusia dan merupakan hasil perkawinan silang anggur hibrida antara  Talisman x Tomaysky. Varietas anggur hibrida yang merupakan hasil persilangan dua atau lebih spesies Vitis. 

Anggur Nizina memiliki karakter buah dengan berat per-berry: 12-16 g dan berat cluster atau pertandannya mencapai: 600-800 g. Varietas ini sangat direkomendasikan karena jenis anggur ini merupakan salah satu jenis anggur yang tahan terhadap penyakit.

Anggur Nizina sangat kompatibel untuk di grafting/disambung dengan varietas batang bawah (Rootstok). Salah satunya, Anggur Nizina ini dapat digraf dengan salah satu varietas lokal Indonesia yaitu Anggur Isabella. 


Dua postingan diatas, bercerita sedikit pengalaman saya tentang Anggur Issabela dan hasil grafting dengan jeni Anggur Nizina dan berhasil dibuahkan dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun.
Anggur Nizina (Table Grape) Anggur Nizina (Table Grape) Reviewed by My Grapes on Sunday, October 22, 2017 Rating: 5

No comments: