Penyebab Pecah Buah Pada Buah Anggur

Pecah Buah akibat Serangan Jamur Powdery Mildew (Embung Tepung) (Sumber : University of Georgia Plant Pathology Archive, University of Georgia, Bugwood.org)


Apa sebenarnya penyebab buah anggur pecah..? 

Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya pecah buah yaitu kelembaban tanah, kelembaban udara, cahaya dan suhu (Maboko, 2006). Masarirambi et al. (2009) melaporkan bahwa pecah buah biasanya terjadi dengan cepat ketika terdapat banyak air dan suhu yang tinggi, khususnya terjadi ketika memasuki periode stres.

Hal ini sering dialami oleh para pembudidaya tanaman buah anggur, dan tentunya kondisi buah yang demikian sangatlah merugikan petani. 

Penyebab pasti buah anggur yang retak/pecah terbuka masih saat ini masih dalam perdebatan, namun mayoritas berpendapat hal ini disebabkan oleh sistem irigasi/pengairan. Bisa jadi disebabkan oleh kelebihan air atau bahkan kekurangan air.

Pada prinsipnya, tanaman buah anggur dapat beradaptasi dengan kondisi minim air, namun bisa berdampak pada hasil panen yang berkurang. Penjadwalan penyiraman yang tepat sangat penting untuk menentukan hasil produksi dan kualitas buah yang optimal. 

Selain penyebab di atas, Pecahnya buah anggur juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti embung tepung, atau hama seperti ngengat anggur, dan tentu saja, faktor cuaca. 

Untuk pecah buah karena faktor cuaca biasa disebabkan karena perubahan temperatur yang mendadak, badai atau hujan yang datang secara tiba-tiba dimusim kemarau. Biasanya, faktor cuaca akan sangat berpengaruh terhadap pecahnya buah anggur pada saat buah mendekati/memasuki masa matang.

Peningkatan konsumsi Nitrogen juga berdampak pada buah, buah anggur akan menjadi lunak terutama pada buah yang akan memasuki pase matang. Kulit buah anggur akan menipis dan retak akibat kelebihan nitrogen, sehingga juga akan memicu organisme pengganggu dan ahirnya buah anggur menjadi busuk dan rontok. Peningkatan Nitrogen juga bisa disebabkan oleh curah hujan yang tinggi atau meningkatnya kelembapan tanah sehingga memicu penyerapan Nitrogen yang barlebih.

Bagaimana Mencegah Agar Buah Anggur Tidak Pecah..???

Seperti uraian di atas, beberapa penyebab pecahnya buah anggur, maka pencegahan juga disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Pecah Buah Disebabkan oleh Peng-Air-an.

Perlu diketahui batasan pembahasan ini adalah pada masa pembentukan buah, dan tidak pada masa sebelum dan sesudahnya.

Pecahnya buah anggur yang disebabkan oleh Peng-Air-an, dapat dicegah dengan mengairi pohon anggur menyeluruh ke dalam zona akar. Penyiraman yang cukup setiap dua minggu di daerah yang beriklim panas, atau membuat sistem irigasi tetes setidaknya seminggu sekali. 

Dalam hal ini, pengairan tetap diberikan secara seimbang, tidak sampai jenuh dan tidak juga sampai kekurangan. Dalam hal ini, kondisi dan komposisi media tanam juga harus di ketahui untuk dapat menjaga keseimbangan air pada media tanah. 

Sebaliknya, untuk tanaman dengan kondisi kelebihan air yang disebabkan oleh tingginya curah hujan dapat disiasati dengan pembuatan Green House dan perbaikan sistem drinase.



Pecah Buah Disebabkan oleh Embun Tepung, atau Hama.

Embun tepung, yang disebabkan oleh jamur Erysiphe necator (syn. Uncinula necator), adalah salah satu penyakit tanaman yang paling umum dan mudah dikenali yang sering menyerang tanaman merambat seperti anggur. 


Jamur ini paling sering diamati pada daun, namun juga dapat mempengaruhi batang muda, tunas, bunga, buah muda. Daun yang terinfeksi parah, menunjukkan bintik atau cacat, termasuk keriting dan layu. Buah yang terinfeksi berubah menjadi putih keabu-abuan pada awalnya dan berakibat retak, mengerut, dan atau terjatuh dari kluster.

Untuk mengatasi pecah buah anggur yang disebabkan oleh jamur ini dan juga hama lainnya, dapat di cegah dengan pemberian fungisida dan insectisida. Ada dua cara untuk pencegahan, Pertama, dengan memangkas seluruh daun yang yang mati dan terserang jamur dan memusnahkan hama atau kepompong yang terdapat pada daun. Kedua, menyemprotkan insektisida dan fungisida sesuai jadwal dan dosisnya.


Ok, demikian sekilas pembahasan tentang Penyebab Pecah Buah Pada Buah Anggur dan terimakasih atas kunjungannya.



Penyebab Pecah Buah Pada Buah Anggur Penyebab Pecah Buah Pada Buah Anggur Reviewed by My Grapes on Tuesday, October 31, 2017 Rating: 5

No comments: