Cara Meningkatan Ketahanan Tanaman Anggur Di Musim Hujan

Ilustrasi

Postingan kali ini sangatlah penting bagi pembudidaya tanaman anggur. Apalagi saat ini kita sudah mulai memasuki musim hujan. Biasanya, saat memasuki musim hujan, cukup banyak kendala yang dihadapi, mulai dari pertumbuhan jamur yang menggila, serangan pantogen yang menyebabkan busuk akar dll, tanaman anggur menjadi stagnan dan bahkan mati.

Mencoba menggali dari berbagai pengalaman para kolektor, solusi saat ini adalah dengan memanfaatkan varietas anggur lokal sebagai rootstok. Untuk varietas lokal, sudah teruji ketahanannya terhadap iklim dan kondisi tanah serta perubahannya dimusim hujan, sehingga beberapa varietas hybrid import lebih adaptif dalam menghadapi musim hujan yang secara rerata di atas 1500 mm/thn. Sedangkan seperti yang telah kita bahas sebelumnya, umumnya habitat nyamannya tanaman anggur import dengan curah hujan 800 mm/thn.

Selain itu, saya juga coba menggali dan menyimpulkan dari hasil penelitian terkait dengan permasalahan curah hujan. Berikut sedikit ulasan dan kesimpulannya.

Meningkatan Ketahanan Tanaman Anggur Di Musim Hujan


Penurunan hasil panen anggur dari kisaran 30% hingga berakibat gagal panen saat musim hujan merupakan momok yang paling mengerikan bagi para petani anggur. Tidak hanya petani lokal Indonesia, musim hujan juga menjadi tantangan bagi seluruh perkebunan anggur di dunia.

Tingginya serangan penyakit di musim hujan yang dapat merusak semua bagian tanaman anggur terutama bagian daun dan buah. Seperti terjadinya lamina daun bagian atas tertutup spora sehingga mengganggu proses assimilasi/ fotosintesis, dan akhirnya menurunkan kualitas dan hasil buah secara menyeluruh.

Akibat serangan penyakit ini bagian buah anggur yang masih muda juga akan pecah hingga bijinya tersembul keluar (abortus). Pada serangan yang parah akan menyebabkan seluruh buah dalam satu tandan pecah dan tidak dapat dikonsumsi.

Pada musim hujan umumnya tanah mengalami kondisi yang lebih masam. Pada tanah bereaksi atau pH sangat masam, yaitu pH lebih rendah dari 4,5, maka dalam sistem tanah akan terjadi perubahan kimia, sebagian besar hara tanaman menjadi kurang tersedia bagi tanaman, sedangkan beberapa hara mikro menjadi lebih larut dan beracun.

Seperti yang dinyatakan oleh Winarso (2005), bahwa jika air hujan melewati tanah, maka kation-kation basa seperti Ca dan Mg akan tercuci. Kation-kation basa yang hilang tersebut kedudukannya di tapak jerapan tanah akan diganti oleh kation-kation masam seperti Al, H dan Mn. Akibat tercucinya kedua unsur yaitu Ca dan Mg, mengakibatkan tanaman anggur menjadi kekurangan hara mikro tersebut, dan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan tanaman anggur.

Kalsium (Ca) Sebagai Pertahanan Alami Tanaman Anggur


Kalsium merupakan salah satu unsur hara mikro yang sudah terkandung dalam anggur, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Ca memiliki peran yang sangat penting pada integritas dinding sel dan stabilitas jaringan (sebagai perekat antar dinding sel). Kalsium juga berperan dalam menjaga stabilitas membran sel. Sehingga jika pemenuhan Ca optimal maka dapat memperkeras jaringan batang dan daunnya sehingga menunjang ketahanan tanaman terhadap pathogen.

Infeksi bakteri pada tanaman, secara alami akan mengaktifkan pertahanan alami tanaman tersebut. Dengan peningkatan konsentrasi kalsium dapat meminimalisir dampak dari serangan penyakit, dan ini terlihat pada varietas tanaman anggur dan blueberry (De La Fuente, 2013).

Aplikasi Dolomit Untuk Meningkatan Ketahanan Tanaman Anggur


Hasil penelitian mengenai peningkatan ketahanan Tanaman Anggur di musim hujan dengan aplikasi dolomit yang dilakukan oleh Candra Dkk (2016) menunjukkan bahwa, dengan aplikasi Dolomit dengan dosis 1 ton per hektar telah dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit pada tanaman anggur.

Nah, begitulah pembahasan hari ini. Jadi solusi terkait permasalahan dimusim hujan saya menyimpulkan sbb:

  • Gunakan rootstok lokal yang sudah adaptif terhadap kondisi tanah lokal dan perubahannya saat musim hujan.
  • Aplikasi Dolomit untuk meningkatkan ketahanan alami sekaligus dapat menetralkan PH tanah.
  • Mencoba, membaca dan tetap semangat.

Terimakasih atas kunjungannya, bila bermaanfaat silahkan dishare.
Cara Meningkatan Ketahanan Tanaman Anggur Di Musim Hujan Cara Meningkatan Ketahanan Tanaman Anggur Di Musim Hujan Reviewed by My Grapes on Sunday, November 19, 2017 Rating: 5

No comments: