Cara Menanam Anggur dari Batang

Menanam Anggur dari batang atau biasa disebut cutting tidaklah terlalu sulit. Secara detilnya Cara Menanam Anggur dari Batang akan kita bahas dibawah ini.

PERTAMA 

Tahap pertama pastinya mempersiapkan batang/cutting untuk bahan stek. dibawah ini adalah tips dalam memilih bahan steknya.


Tips memilih bahan stek (cutting) anggur
  • pemotongan cutting pada saat pohon induk memasuki masa dorman (Masa istirahat). hal ini untuk menjamin ketersediaan nutrisi pada cutting untuk menunjang pertumbuhan akar dan tunas.
  • pilih cutting yang terkena sinar matahari penuh, lebih sehat bila dibandingkan dengan batang yang ternaungi.
  • idealnya, cutting di ambil dari pertumbuhan batang yang tumbuh 1 musim sebelumnya (1 tahun).
  • ukuran cutting minimal berdiameter seukuran pensil.
  • hindari cutting yang terlalu besar atau memiliki ruas yang sangat panjang (lebih dari 15 cm antara tunas).
  • Potong cutting masing-masing 3 mata tunas.
  • Jika Anda mengambil stek sebelum masa dorman, masukkan ke dalam plastik berventilasi dan masukkan kedalam kulkas sekitar 1 bulan.
  • Potong cutting dengan miring pada bagian atas dan lurus pada bagian bawah, hal ini untuk memudahkan untuk menandai posisi saat tanam.
Sebelum menanam batang/cutting anggur, perlu kiranya untuk mengetahui ciri-ciri batang anggur yang sehat. Secara visual batang anggur yang sehat dapat dilihat pada gambar berikut: 


1. Penampakan cutting anggur yang sehat, bagian dalam cutting masih berwarna hijau dan bila disentuh masih terasa berkambium dan lembab. 2. Batang anggur yang sudah kering akan terlihat bagian dalam kulit sudah coklat. Pada cutting yang mati akibat kelembaban yang terlalu tinggi pada bagian dalam cutting akan tetap basah dan lembab, namun warna sisi dalam batang akan berwarna coklat.

KEDUA

Setelah mendapatkan batang anggur yang baik, tahapan berikutnya adalah memberikan perangsang akar. Sebagai pengganti perangsang akar pabrikan, dapat merendam bagian bawah batang anggur dengan jus bawang merah. Atau cukup dengan mengoleskan bawang merah pada bagian bawah batang anggur yang akan ditumbuhi akar.

Baca Juga : MEMBUAT PERANGSANG AKAR ALAMI UNTUK CUTTING ANGGUR

Setelah di oleskan, saya rendam sebentar dengan air yang berisi bawang merah, perendaman juga berfungsi untuk mengembalikan kelembaban batang dan kambium untuk cutting yang sudah mulai agak mengering.

KETIGA

Buat sayatan pada bagian bawah batang anggur sepanjang 1 cm dari bawah, fungsinya untuk memperluas area pertumbuhan akar.

KEEMPAT

Tancapkan batang anggur pada media tanam yang poros air dan steril. sebagai contoh dibawah ini beberapa foto dari hasil semai batang anggur saya.




Sebagai tambahan, pertanyaan yang sering muncul adalah, 

1. Dimana tempat yang cocok untuk meletakkan batang anggur yang baru disemai.

Jawab : Pada lokasi tidak terkena matahari secara langsung (teduh) dan dengan sirkulasi udara yang baik. Pada awal masa pertumbuhan, sebaiknya dapat terkena matahari pagi.

2. Campuran yang baik buat media tanam.

Jawab : Saya tidak merekomendasikan campuran khusus untuk media semai, tapi yang ditekankan adalah media poros air. Saya pernah mencoba dengan beberapa campuran dan semua bisa tumbuh dengan baik dengan campuran sbb: 
  • Pasir kasar murni, (pasir bangunan)
  • Tanah, sekam padi mentah dan cocopeat perbandingan 1:1:1 ( tumbuh dengan baik namun penyiraman dikurangi, karena cocopeat lama menyimpan air).
  • Tanah dan cocopeat 1:1
  • Tanah dan sekam padi mentah.
Perakaran batang anggur, media semai tanah, dan cocopeat


Penyemaian dengan media tanah dan sekam padi mentah 1:1
Demikianlah... Terbaiknya tetap ketelatenan dan kesabaran. Oh iya, saat ini kami sudah membuat grup di Facebook yang khusus untuk bagi-bagi batang anggur bagi pemula yang ingin mencoba membudidayakan tanaman anggur. Jika berminat dapat bergabung di BLT BIBIT BONSAI DAN TANAMAN.

Cara Menanam Anggur dari Batang Cara Menanam Anggur dari Batang Reviewed by My Grapes on Thursday, December 14, 2017 Rating: 5

No comments: