Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah


Anggur dapat beradaptasi pada berbagai macam iklim, namun pertumbuhan terbaik dari tanaman anggur adalah jenis anggur yang memenuhi persyaratan iklim tertentu. Hal ini disebabkan karena banyaknya varian anggur-anggur lokal di negara-negara tertentu, jadi walaupun anggur eropa dapat tumbuh di Indonesia, namun ya tetap aja, pertumbuhan terbaiknya tetap di Eropa sana.

Begitulah kata pembukanya..

Sebelum memasuki bahasan tentang Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membudidaya anggur. Pada perinsipnya, tanaman subur akan menunjang produksi buah yang baik dan berkualitas.

Pertama, varietas anggur yang akan dibudidayakan

Varietas anggur yang ada di Indonesia saat ini sudah sangat bayak, mungkin sudah lebih dari ratusan jenis, baik jenis table grape hibrida, anggur wine dan juga jenis-jenis rootstock. Budidaya varietas-varietas ini tidak terbatas pada penghobi saja, saat ini sudah mulai dikembangkan untuk sekala komersil selain yang sudah dikembangkan oleh Balitjestro.

Pastinya, pembudidaya anggur ini sudah terlebih dahulu melakukan ujicoba atau juga masih melakukan ujicoba dalam hal adapatasi dan perlakuan yang sesuai untuk varietas-varietas tertentu khususnya jenis-jenis anggur hibrida yang notabenenya bukan asli tanaman tropis. Khusus kolektor, untuk produksi mungkin belum menjadi prioritas, sudah berhasil berbuah saja sudah sangat menyenangkan. 

Berbeda dengan pembudidaya skala komersil, hasil panen berlimpah dan berkualitas merupakan target utama, dan tentunya akan membutuhkan banyak referensi tentang varietas bibit anggur tertentu. Untuk lebih jelasnya tentang varietas-varietas anggur dapat dibaca pada postingan sbb:


Mengapa pengetahuan tentang varietas itu penting..??

Karena anggur memiliki ketahanan dan kelebihan tertentu dengan jenis tanah dan iklim tertentu pula, maka pengetahuan tetatang varietas akan mempermudah dalam memberikan perlakuan dan pemeliharaannya. 

Kedua, metode pemangkasan dan tujuan pemangkasan

Metode Pemangkasan

Pemangkasan anggur juga memiliki metode-metode tertentu. Metode pemangkasan bukan hanya sekedar membentuk anggur agar kelihatan indah dan sesuai dengan para-para yang sudah dibuat. bahkan tujuan yang seperti ini dapat menurunkan produksi buah anggur dan bahkan tidak berbuah.

Pada anggur, berbeda varietas juga akan memiliki perbedaan metode pemangkasan, karena varietas tertentu bisa memiliki keunggulan dengan metode pemangkasan tertentu pula. Terdapat dua metode pemangkasan yaitu Cane dan Spur. Untuk lebih lengkapnya untuk kedua metode ini bisa di baca pada postingan :


Tujuan Pemangkasan 

Pemangkasan yang tepat bertujuan untuk menghasilkan buah yang baik dan berkualitas tinggi. Selain itu hal tersebut juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan vegetatif dan generatif. Pemangkasan yang benar akan menghasilkan pohon anggur yang lebih mudah dikelola dan memiliki buah yang lebih baik, dan pemangkasan yang buruk dari tahun ke tahun menyebabkan hasil panen rendah dan buruk.

Ada beberapa tujuan dalam pemangkasan pohon anggur yaitu sebagai berikut :

1. Bertujuan untuk pembentukan Trunk
2. Mengembangkan Sistem Akar yang Kuat
3. Membuahkan Pohon Anggur

Penjelasan masing-masing tujuan diatas dapat dibaca pada postingan sbb:


Semoga tulisan ini dapat memberikan referensi Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah bagi pembudidaya anggur. demikian terimakasih atas kunjungannya.


Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah Reviewed by El Info on Monday, January 08, 2018 Rating: 5

No comments: