loading...

Mengenal Skala Brix, Skala Kemanisan Buah

Sekian lama kita membahas masalah Anggur, cara budidaya, cara semai, pembuahan dan lainnya. Mungkin kali ini kita akan membahas masalah yang masih berhubungan dengan anggur, yaitu skala kemanisan buah.

Mengenal Skala Brix, Skala Kemanisan Buah : Refractometer brix digital

Mengenal Skala Brix, Skala Kemanisan Buah

Ya, itulah bahasan kita hari ini..

Apa itu Brix?

Brix merupakan unit pengukur kemanisan gula di dalam cairan (liquid). Satuan Brix yang digunakan ialah derajat Brix, Brix, %Brix. Skala Brix ditemukan oleh  Ilmuwan Jerman, Adolf Ferdinand W Brix (1798-1870) di tahun 1870. 

1% Brix setara dengan 1 gram gula sukrosa di dalam 100 gram air. Jadi, semakin tinggi nilai Brix, semakin tinggi kualitas dan tingkat kemanisan buah-buahan/ sayuran tersebut.

Jadi kalau kita membaca spesifikasi varian buah anggur, biasanya tercantum skala brix dari buah anggur tersebut. sebagai contoh salah satu postingan dengan kalimat seperti dibawah ini :

Ougyoku, yang berasal dari .Jepang walau warnanya tidak begitu menarik ternyata varietas ini memiliki kadar gula yang luar biasa mencapai 25 brix, sangat manis dengan aroma muscat yang kuat. Berat per butirnya sekitar 13 gram.

Kesimpulan dari kalimat diatas adalah, bahwa anggur Ougyoku  memiliki kadar manis buah sebesar 25 brix. Artinya bahwa dari 100 gram Ougyoku, 25 gram merupakan zat padat terlarut dan 75 gram adalah air. 

Untuk buah anggur sendiri, memiliki tingkat kemanisan antara 18-25 Brix. perbedaan tingkat kemanisan buah ini tergantung pada varietas, iklim, kondisi tanah dan tentunya perlakuan dalam budidaya seperti pemupukan dan kadar air tanah.


Alat pengukur Skala Brix

Refrakto Meter brix atau brix buah merupakan salah satu alat yang biasa digunakan untuk mengecek konsentrasi tingkat kemanisan suatu buah. Alat ini juga sering digunakan pada pembuatan juice, wine, softdrink, manis buah, salinity atau minuman gula yang lainnya yang mungkin membutuhkan ketepatan derajat manis dengan skala brix (%). 



Cara Menggunakan Refrakto Meter dan Perawatannya

Untuk lebih mudahnya, sebaiknya beli refractometer brix yang digital saja, karena lebih mudah dalam membacanya hasil pengukuran. tinggal melihat display saja, dan kita sudah mengetahui berapa drajat kemanisan dari buah anggur yang diukur.

Secara umum tata cara penggunaan (Prosedur Pengoperasian) Hand Refraktometer sebagai berikut:

  1. Teteskan satu sampai dua tetes cairan sample yang akan diukur, dalam hal ini air tetesan dari buah anggur.
  2. Tutuplah prisma yang sudah ditetesi cairan sample secara perlahan agar cairan tidak tumpah. Cairan sample harus menutup seluruh permukaan prisma. Usahakan pada saat menutup jangan sampai terbentuk gelembung udara karena akan mempengarugi pengukuran.
  3. Sebelum pengukuran, arahkan alat ke sumber cahaya yang cukup agar bisa melihat dengan jelas skala penunjuknya, karena alat ini semata mata mengandalkan sumber cahaya dari luar (untuk  Hand Refraktometer manual). untuk yang digital hasil pengukuran akan ditampilkan langsung pada display/LCD seperti gambar di atas.
  4. Setelah penggunaan alat ini, bersihkan alat yang terkena cairan gula dengan lap basah dan lap menggunakan lap/kain Flannel/ tissue yang kering dan berbahan halus untuk menghindari goresan pada prisma.
  5. Simpan ditempat kering dan sejuk untuk menghindari uap air atau cahaya matahari langsung agar alat awet dan tidak berjamur.

Nah inilah penjelasan singkat tentang Mengenal Skala Brix, Skala Kemanisan Buah, dan tambahan penjelasan tentang Alat ukur dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.







Mengenal Skala Brix, Skala Kemanisan Buah Mengenal Skala Brix, Skala Kemanisan Buah Reviewed by El Info on Thursday, June 28, 2018 Rating: 5

No comments:

loading...